Juara Dunia Sembilan Kali, Antonio Cairoli Jadi Legenda MXGP

Pasca gelaran MXGP seri ke-18 di Assen (Belanda), pembalap Red Bull KTM Factory Racing Antonio Cairoli langsung membawa pulang gelar juara MXGP 2017 meskipun balapan masih menyisakan satu seri lagi di Perancis. Sepanjang tahun 2017 ini penampilan Cairoli dalam menggeber KTM 450 SX-F memang benar-benar luar biasa. Dia sering mendapatkan poin penuh di sejumlah seri. Kalaupun tidak mendapatkan poin penuh, Cairoli tetap bisa meraih poin yang penting.

Sampai dengan seri ke-18, Cairoli sukses mengumpulkan 710 poin. Angka itu sudah cukup untuk membawanya mendapatkan gelar juara MXGP 2017 karena tidak ada pembalap-pembalap lain yang bakal mampu mengejar poin Cairoli di dua balapan tersisa. Jeffrey Herlings (KTM), Gautier Paulin (Husqvarna), Clement Desalle (Kawasaki), Tim Gajser (Honda), sampai dengan Romain Febvre (Yamaha) tidak bakal ada yang bisa menyalip raihan poin Cairoli meskipun si pembalap asal Italia tidak terjun di dua balapan terakhir (MXGP Perancis).

Dengan gelar juara MXGP 2017, maka secara total Cairoli sukses mendapatkan gelar juara dunia sebanyak sembilan kali (seluruh kelas). Tidak mengherankan kalau pihak penyelenggara MXGP menyebut Cairoli sebagai legenda di MXGP. Raihan sembilan kali juara dunia Cairoli cuma kalah dari pembalap Belgia Stevan Everts yang telah meraih 10 kali gelar juara dunia. Banyak pihak yang optimis Cairoli akan bisa menyamai atau bahkan mengungguli prestasi Stevan Everts karena usia Cairoli masih belum cukup tua, karirnya masih panjang, dan performanya sampai dengan tahun 2017 ini masih sangat superior. Mampukah Cairoli menjadi super legend di MXGP?

Leave a Reply