Pembalap HRC Tim Gajser Masih Bertaji di Race 1 MXGP Perancis 2017

Para pembalap MXGP datang ke seri terakhir musim 2017 di Perancis boleh dibilang tanpa beban. Pasalnya, gelar juara MXGP 2017 telah diambil oleh pembalap Red Bull KTM Factory Racing Antonio Cairoli sejak seri Belanda seminggu yang lalu. Posisi kedua pun bisa dipastikan menjadi milik rekan satu tim Cairoli, yaitu Jeffrey Herlings. Perebutan yang paling memungkinkan adalah tempat ketiga antara Gautier Paulin (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) dan Clement Desalle (Monster Energy Kawasaki Racing Team). Selisih poin mereka masih cukup ketat. Sayangnya, Clement Desalle mengalami cidera pasca crash di MXGP Assen – Belanda pekan lalu yang membuatnya gagal tampil di seri terakhir.

Tidak adanya tekanan untuk mendapatkan gelar atau posisi yang lebih baik membuat para pembalap MXGP tampil lebih santai. Apalagi kondisi track masih sangat basah dan becek setelah Perancis diguyur hujan lebat. Cairoli yang sudah mendapatkan gelar juara MXGP 2017 hanya mampu bertengger di posisi kesembilan race 1 MXGP Perancis. Sementara itu posisi podium pertama race 1 menjadi milik pembalap Team HRC Tim Gajser. Gajser kembali mampu tampil baik setelah sebelumnya sempat terseok-seok, sering kehilangan poin penting, dan membuatnya terlempar dari kandidat juara 2017. Taji Gajser mulai keluar dari lagi Perancis!

Sekedar informasi saja, Tim Gajser merupakan juara dunia MXGP 2016. Penampilan Gajser pada awal musim 2017 amat sangat baik. Dia sering mendapatkan poin penuh di sejumlah seri dan tidak jarang menempati urutan pertama klasemen sementara di awal-awal musim. Hal itu membuat Gajser kembali diperhitungkan bisa menjadi salah satu kandidat kuat juara MXGP 2017. Apesnya, penampilan Gajser di pertengahan musim merosot. Dia sering kehilangan poin penting, bahkan di beberapa seri malah tidak mendapatkan poin sama sekali. Performa Gajser kembali meningkat menjelang akhir musim. Akan tetapi itu sudah terlambat karena Cairoli tampil begitu konsisten sejak awal sampai dengan akhir musim. Peluang Gajser meraih juara MXGP sebanyak dua kali beruntun tertutup rapat.

Romain Febvre yang bernaung di Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team sukses menguntit Gajser di podium kedua. Catatan waktu Romain Febvre tertinggal 11,247 detik dari Gajser. Kiprah juara dunia MXGP 2015 ini juga tergolong baik di Perancis. Selanjutnya di podium ketiga menjadi milik Jeffrey Herlings, disusul oleh Max Anstie (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) keempat, dan Gautier Paulin kelima. Berbagai hasil yang didapatkan oleh para pembalap di race 1 tidak mengubah posisi klasemen sementara. Posisi pertama sampai dengan kelima klasemen sementara pasca race 1 masih ditempati oleh Antonio Cairoli, Jeffrey Herlings, Gautier Paulin, Clement Desalle, dan Tim Gajser.

Hasil Race 1 MXGP Perancis 2017:

  1. Tim Gajser – Team HRC
  2. Romain Febvre – Monster Energy Yamaha Official MXGP Team
  3. Jeffrey Herlings – Red Bull KTM Factory Racing
  4. Max Anstie – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  5. Gautier Paulin – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing

Leave a Reply