Pembalap KTM Pauls Jonass Genggam Gelar Juara MX2 – MXGP 2017

Ajang balap kelas MX2 (250 cc) di MXGP Perancis 2017 terlihat lebih menarik daripada di kelas MXGP (450 cc). Kenapa? Karena di kelas MXGP gelar juara sudah pasti digenggam oleh pembalap Red Bull KTM Factory Racing Antonio Cairoli sejak MXGP Belanda 2017 seminggu yang lalu. Akan tetapi di MX2 sedikit berbeda. Belum ada yang dipastikan mendapatkan gelar juara sebelum seri terakhir di Perancis!

Saat MXGP Perancis dimulai, pada kelas MX2 banyak pandangan menuju pembalap Red Bull KTM Factory Racing Pauls Jonass. Dia merupakan pimpinan klasemen sementara dan menjadi pembalap yang paling berpeluang mendapatkan gelar juara MX2 2017. Bahkan sangat mungkin gelar juara MX2 sudah bisa dikunci oleh Pauls Jonass di race 1 MXGP Perancis. Soalnya pesaing paling dekat Pauls Jonass dalam mendapatkan gelar juara MX adalah pembalap Team Suzuki World MXGP Jeremy Seewer dengan selisih poin yang tidak terlalu rapat.

Sayangnya, race 1 tidak berjalan mulus buat Jonass. Setelah mendapatkan FOX Holeshot Jonass justru terlibat senggolan dengan pembalap lain yang membuat dia harus mencium tanah. Jonass sempat kesulitan menggeber kembali motornya, dan ketika bisa, dia justru kembali jatuh di tikungan berikutnya. Jonass yang berlumuran lumpur kembali mengambil KTM 250 SX-F miliknya yang tergeletak di tanah, sedangkan balapan saat itu dipimpin oleh Thomas Covington (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) pertama dan Jeremy Seewer kedua.

Thomas Covington dan Jeremy Seewer terus dikuntit oleh Thomas Kjer Olsen (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing). Apes tak dapat ditolak, Olsen mengalami terjatuh sebanyak dua kali yang membuat posisinya terlempar ke urutan tujuh. Posisi ketiga kemudian diambil alih oleh pembalap Team HRC Jed Beaton, disusul oleh Hunter Lawrence (Team Suzuki World MXGP) keempat dan Pauls Jonass mampu finish urutan kelima.

Berlanjut ke race 2… Thomas Covington langsung tancap gas dan mendapatkan FOX Holeshot, mendahului Brian Bogers (HSF Motorsports) dan Hunter Lawrence. Pada lap kedua Hunter Lawrence mulai panas. Dia secara pasti memberikan tekanan pada Brian Bogers dan Thomas Covington. Usahanya sukses! Dia berhasil mendahului Brian Bogers hingga kemudian mengambil alih pimpinan dari Thomas Covington. Pauls Jonass yang melakukan start dengan buruk pun mulai merangsek ke depan dan berhasil finish di posisi ketiga, disusul oleh Jed Beaton keempat, dan Jeremy Seewer kelima. Menariknya, kemenangan di race 2 MXGP Perancis menjadi kemenangan perdana buat Hunter Lawrence sepanjang karirnya di kelas MX2. Terus siapa yang berhasil menggenggam gelar juara MX2 2017?

Meskipun pada race 1 dimenangkan oleh Thomas Covington dan race 2 dimenangkan oleh Hunter Lawrence, tapi Pauls Jonass tetap didaulat menjadi juara dunia MX2 2017. Total poin yang didapatkan oleh Jonass pasca race adalah yang paling tinggi, tidak bisa dikejar oleh pesaingnya, termasuk Jeremy Seewer. Pauls Jonass menutup musim 2017 dengan mengumpulkan 771 poin, disusul oleh Jeremy Seewer 732 poin, dan Thomas Kjer Olsen 579 poin. Selamat buat Pauls Jonass yang sukses jadi juara dunia MX2 2017. Selamat pula buat Red Bull KTM Factory Racing yang menjadi juara di dua kelas sekaligus, yaitu kelas MXGP melalui Antonio Cairoli dan kelas MX2 oleh Pauls Jonass.

Hasil Race 1 MX2 Perancis 2017:

  1. Thomas Covington – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  2. Jeremy Seewer – Team Suzuki World MXGP
  3. Jed Beaton – Team HRC
  4. Hunter Lawrence – Team Suzuki World MXGP
  5. Pauls Jonass – Red Bull KTM Factory Racing

Hasil Race 2 MX2 Perancis 2017:

  1. Hunter Lawrence – Team Suzuki World MXGP
  2. Thomas Covington – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  3. Pauls Jonas – Red Bull KTM Factory Racing
  4. Jed Beaton – Team HRC
  5. Jeremy Seewer – Team Suzuki World MXGP

Klasemen Akhir MX2 2017:

  1. Pauls Jonass – Red Bull KTM Factory Racing (771 poin)
  2. Jeremy Seewer – Team Suzuki World MXGP (732 poin)
  3. Thomas Kjer Olsen – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (579 poin)
  4. Thomas Covington – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (532 poin)
  5. Benoit Paturel – KEMEA Yamaha Official MX Team (504 poin)

Leave a Reply