Terjadi Duel Sengit Max Anstie dan Herlings di Race 2 MXGP Perancis

Race 1 MXGP Perancis 2017 memang menjadi milik pembalap Team HRC Tim Gajser. Pembalap yang membesut Honda CRF450RW ini terlalu superior dan sulit dibendung lawan-lawannya di race 1. Akan tetapi pada race 2 keadaan berubah. Begitu bendara start dikibarkan, Max Anstie (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) dan Jeffrey Herlings (Red Bull KTM Factory Racing) langsung menggeber motornya masing-masing dengan maksimal. Kedua pembalap ini beriringan mengisi posisi pertama dan kedua, baru kemudian disusul oleh Tim Gajser yang berada di urutan ketiga. Di belakang Gajser berturut-turut bercokol nama pembalap Wilvo Yamaha MXGP Arnaud Tonus, Antonio Cairoli (Red Bull KTM Factory Racing), dan Evgeny Bobryshev (Team HRC).

Sang juara MXGP 2017 Antonio Cairoli akhirnya mengalami crash dan tidak bisa melanjutkan balapan, sedangkan Evgeny Bobryshev masih terus menguntit para pembalap yang berada di barisan depan hingga berhasil mencuri posisi keempat dari tangan Arnaud Tonus. Empat lap berikutnya, Romain Febvre (Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team) yang sempat terjatuh saat start mengambil alih posisi keempat dari tangan Evgeny Bobryshev dan satu lap berikutnya Evgeny Bobryshev malah jatuh sehingga mengakhiri balapan dengan finish di posisi ke-23.

Kembali ke barisan paling depan, Jeffrey Herlings mati-matian mengambil alih posisi pertama dari tangan Max Anstie. Jeffrey Herlings berulang kali mencoba mendahului Max Anstie, tapi percobaan itu selalu gagal. Bisa dibilang aksi salip-menyalip antara Jeffrey Herlings dan Max Anstie di Perancis merupakan pertarungan terbaik sepanjang musim MXGP 2017. Pada akhirnya Jeffrey Herlings berhasil menyalip Max Anstie. Mereka berdua masing-masing mendapatkan podium pertama dan kedua, sedangkan podium ketiga ditempati oleh Tim Gajser.

“Pada race 2 aku mendapatkan FOX Holeshot pertamaku musim ini dan itu sebuah kejutan buatku, tapi setelah holeshot Max mendahuluiku di track lurus. Aku mendapatkan beberapa jalur yang bagus dan aku ingin mendahuluinya. Aku persis di belakangnya beberapa kali di jalur yang mudah, namun kemudian Max mengubah jalurnya dan dia benar-benar menggeber motornya dengan sempurna sehingga sangat sulit menyalipnya… Hingga akhirnya aku berhasil mendahuluinya dan meraih podium pertama,” ungkap Herlings.

Rekan satu tim Max Anstie di Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Gautier Paulin menutup musim 2017 dengan meraih posisi kelima pada race 2 MXGP Perancis. Paulin finish di belakang Jeffrey Herlings, Max Anstie, Tim Gajser, dan Romain Febvre. Pasca race 2 MXGP Perancis 2017, posisi pembalap di klasemen akhir tidak berubah. Antonio Cairoli yang crash di race 2 ini tetap bercokol di urutan pertama dan didaulat sebagai juara dunia MXGP 2017. Ini sekaligus melengkapi gelar juara dunia Cairoli sebanyak sembilan kali. Posisi kedua sampai dengan kelima klasemen akhir berturut-turut diisi oleh Jeffrey Herlings, Gautier Paulin, Clement Desalle (Monster Energy Kawasaki Racing Team), dan Tim Gajser.

Hasil Race 2 MXGP Perancis 2017:

  1. Jeffrey Herlings – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Max Anstie – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  3. Tim Gajser – Team HRC
  4. Romain Febvre – Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team
  5. Gautier Paulin – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing

Klasemen Akhir MXGP 2017:

  1. Antonio Cairoli – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Jeffrey Herlings – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Gautier Paulin – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  4. Clement Desalle – Monster Energy Kawasaki Racing Team
  5. Tim Gajser – Team HRC

Leave a Reply