Jelang EnduroGP Inggris, Holcombe Semangat Race di Kampung Halaman

Akhir pekan nanti, EnduroGP 2017 bakal digelar kembali setelah libur selama kurang lebih dua bulan. Negara yang menjadi tuan rumah EnduroGP pada 23-24 September 2017 nanti adalah Inggris yang akan memanfaatkan Hawkstone Park sebagai lokasi. Bisa dikatakan ini merupakan pertama kalinya Inggris menggelar EnduroGP sejak terakhir kali nyaris 10 tahun yang lalu. Format balapan di EnduroGP Inggris nanti pun kabarnya berbeda dengan seri-seri sebelumnya karena menggabungkan antara format sprint race dengan cross-country.

Steve Holcombe (Beta Factory Racing) menjadi salah satu rider yang sangat bergairah dalam menyambut EnduroGP Inggris. Salah satu alasan yang membuat Holcombe begitu bersemangat adalah karena Inggris kampung halamannya. Dia bakal bertarung di negara asalnya dengan basis fans yang cukup besar. Apalagi sekarang Holcombe mengisi puncak klasemen sementara dengan keunggulan 37 poin dibandingkan dengan Loic Larrieu (Outsiders Yamaha Racing Official Team) yang berada di posisi kedua. Bukan mustahil Holcombe bisa mengunci gelar juara EnduroGP 2017 di Inggris meskipun masih ada satu seri lagi di Jerman pada bulan Oktober 2017.

“Aku merasa sedang sangat baik. Aku begitu bersemangat membalap di kejuaraan dunia (enduro) di rumah sendiri, di hadapan para fans Inggris. Aku pergi melihat kejuaraan dunia yang terakhir kali digelar di Inggris Raya pada tahun 2008, waktu itu di Wales. Waktu itu aku masih berusia 14 tahun,” ujar Holcombe, dikutip dari Enduro21.com.

Berbicara mengenai pesaing terdekatnya, Loic Larrieu, yang baru saja mendapatkan medali emas bersama Perancis di International Six Days Enduro (ISDE) 2017, Holcombe mengaku tidak merasa tertekan sama sekali dengan penampilan impresif lawannya itu. Holcombe juga bilang tidak mendapatkan tekanan apapun dari timnya. Salah satu tekanan yang datang adalah dari dirinya sendiri karena keinginan mendapatkan kemenangan di EnduroGP Inggris untuk membahagiakan para fans. Seperti biasa, Holcombe akan bertarung di Inggris menggunakan motor andalan Beta RR 2T 300.

“Aku tidak merasa sedang di bawah tekanan, baik itu dari timku maupun dari orang lain. Ada beberapa tekanan dalam diriku sendiri, yaitu aku ingin memenangkan kejuaraan lebih dari apapun dan melakukan hal itu di hadapan fans Inggris akan sangat luar biasa. Aku cuma fokus melakukan yang terbaik yang bisa kulakukan,” ungkap Holcombe menambahkan.

EnduroGP 2017 memang hanya menyisakan dua seri lagi, yaitu Inggris dan Jerman. Artinya masih ada empat race yang diperlombakan karena masing-masing seri memperlombakan dua race. Holcombe bisa saja mengunci gelar juara EnduroGP 2017 di Inggris. Syaratnya dia harus memenangkan dua race seri Inggris sekaligus agar bisa mengumpulkan 50 poin, sembari berharap Loic Larrieu gagal menguntitnya. Mampukah Holcombe meraih gelar juara EnduroGP di tanah kelahirannya? Atau malah Loic Larrieu bakal sukses menahan euforia Holcombe sampai di Jerman? Kita tunggu akhir pekan nanti!

Leave a Reply