Paulo Goncalves Juarai Balap Rally Baja Inka Paracas 1000 di Peru

Monster Energy Honda Team, tim balap rally dibawah naungan Honda Racing Corporation (HRC), kembali mendapatkan hasil gemilang di ajang balap rally dunia. Menerjunkan tiga orang pembalap, Monster Energy Honda Team bisa menguasai podium balap rally Baja Inka Paracas 1000 yang dihelat di Peru, Amerika Selatan.

Walaupun punya lima orang pembalap, tapi di Baja Inka Paracas 1000 Monster Energy Honda Team cuma menerjunkan tiga orang pembalap, yaitu Paulo Goncalves, Kevin Benavides, dan Michael Metge, sedangkan Joan Barreda dan Ricky Brabec tidak ikut ambil bagian. Terjun dengan tiga orang pembalap tidak membuat prestasi Monster Energy Honda Team surut. Paulo Goncalves justru berhasil menjadi rider paling kencang di ajang balap rally yang menempuh jarak lebih dari 1.000 km di wilayah gurun pasir Peru tersebut. Catatan waktu yang didapatkan oleh Paulo Gonvalves adalah 9 jam 54 menit 43 detik. Tidak cuma Paulo Goncalves yang tampil gemilang, pembalap Monster Energy Honda Team yang lainnya, Kevin Benavides, ikutan menunjukkan prestasi bagus. Dia sukses berada di podium ketiga dengan catatan waktu 9 jam 57 menit 17 detik. Prestasi terburuk pembalap Monster Energy Honda Team didapatkan oleh Michael Metge yang cuma mampu berada di urutan ke-19.

“Pada balapan ini, prioritasnya adalah mencoba gurun pasir di Peru, untuk mendapatkan mileage yang cukup dan mendapatkan balap rally yang bagus. Semuanya ternyata berjalan cukup baik, aku merasa sangat nyaman di balapan ini, dan selalu memiliki opsi untuk memenangkan rally. Ini adalah pengetesan yang sangat berat dalam hal riding, dengan lebih dari 800 km jarak tempuh yang dihitung catatan waktunya dan lebih 700 km di antaranya merupakan gurun pasir. Honda CRF450 RALLY bekerja sangat baik di sini. Hasilnya pun sama, aku senang dengan kemenangan ini, meskipun kami masih punya pekerjaan lanjutan ke depan,” kata Paulo Goncalves.

“ini hasil balap yang positif dalam kacamata latihan di Peru untuk menghadapi Dakar. Para rider telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Anggota tim juga bekerja sangat akrab selama bekerja beberapa hari di Paracas. Aku pikir kami terus berkembang dari satu balapan ke balapan yang lainnya, dan aku ingin mengucapkan selamat kepada para rider yang telah mendapatkan hasil bagus dengan menempati podium (pertama & ketiga). Aku juga ingin mengapresiasi jerih payah yang telah dilakukan oleh Honda Peru, yang berkolaborasi dengan tim dan menyediakan seluruh kebutuhan logistik,” kata Raul Castells, Monster Energy Honda Team Manager.

Seolah tidak mau kalah dengan Monster Energy Honda Team, para pembalap Yamaha Motor Europe (Yamalube Yamaha Official Rally Team) yang terdiri dari Adrien Van Beveren dan Xavier de Soultrait juga tampil agresif. Dalam balapan itu Adrien Van Beveren sukses menguntit Paulo Goncalves di posisi kedua dengan catatan waktu 9 jam 55 menit 03 detik. Kemudian Xavier de Soultrait mampu finish di urutan keempat dengan catatan waktu 9 jam 57 menit 29 detik.

Kalau diperhatikan Baja Inka Paracas 1000 menjadi ajang latihan buat Monster Energy Honda Team dan Yamaha Motor Europe sebelum terjun di kompetisi rally paling bergengsi di dunia, Rally Dakar, pada Januari 2018 nanti. Sayangnya kompetisi ini tidak diikuti oleh sejumlah tim besar lain seperti Red Bull KTM Rally Factory Racing, Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing, dan Sherco TVS Rally Factory. Tanpa kehadiran tim-tim besar dengan pembalap-pembalap ternama yang mereka miliki, praktis Monster Energy Honda Team dan Yamaha Motor Europe yang menguasai jalannya balapan.

Hasil Baja Inka Paracas 1000 2017:

  1. Paulo Goncalves – Monster Energy Honda Team (Honda)
  2. Adrien Van Beveren – Yamaha Motor Europe (Yamaha)
  3. Kevin Benavides – Monster Energy Honda Team (Honda)
  4. Xavier de Soultrait – Yamaha Motor Europe (Yamaha)
  5. Daniel Nosiglia – Team Nosiglia (KTM)
  6. Jonathan Barragan – XRaids (KTM)
  7. Juan Carlos Salvatierra – Duust Rally Team (KTM)
  8. Walter Nosiglia – Team Nosiglia (KTM)
  9. Gerard Farres – HIMOINSA Racing Team (KTM)
  10. Rodney Faggotter – Yamalube Yamaha Official Rally Team (Yamaha)

One comment

Leave a Reply