Ini Komposisi Empat Pembalap Yamaha di Ajang Rally Dakar 2018

Rally Dakar 2018 memang baru akan dimulai sekitar tiga bulan lagi. Tapi para tim yang ikut di kompetisi rally paling mengerikan di dunia tersebut sudah mulai bersiap-siap, termasuk menyusun skuad yang bakal turun di sana. Yamalube Yamaha Official Rally Team misalnya, sudah mempersiapkan empat orang pembalap yang akan diterjunkan di Rally Dakar 2018. Dua slot pembalap Yamalube Yamaha Official Rally Team diisi oleh muka-muka lama, sedangkan dua slot lagi diisi oleh muka-muka baru yang direkrut pada pertengahan tahun ini. Siapa saja mereka?

Adrien Van Beveren

Adrien Van Beveren adalah salah satu muka lama yang masih akan tampil di Rally Dakar 2018 bersama Yamalube Yamaha Official Rally Team. Penampilan pria asal Perancis ini di Rally Dakar 2016 cukup impresif dengan bertengger di urutan keenam klasemen akhir. Berlanjut pada Rally Dakar 2017, performa yang ditunjukkan oleh Van Beveren kembali membuat decak kagum. Van Beveren sempat menjuarai stage terakhir Rally Dakar 2017 dan menutup balap rally itu di posisi keempat klasemen akhir. Performa gemilang Van Beveren bersama Yamalube Yamaha Official Rally Team membuat dirinya dipercaya kembali menggeber Yamaha WR450F Rally pada Rally Dakar 2018. Banyak yang memprediksi Van Beveren bakal menjadi salah satu kandidat kuat yang bisa menjuarai Rally Dakar 2018.

Rodney Faggotter

Pengalaman yang banyak membuat pria asal Australia ini kembali dipercaya oleh Yamalube Yamaha Official Rally Team mengisi slot pembalap untuk Rally Dakar 2018. Faggotter menjalani debut pertama dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team saat bertanding di OiLibya Rally 2016 di Maroko. Hasilnya tidak terlalu buruk. Faggotter mampu finish 10 besar. Lalu pada Rally Dakar 2017 lalu Faggotter mampu bertengger di urutan ke-10 stage 2 yang membuatnya berada di urutan ke-14 klasemen sementara. Namun Faggotter mendapatkan permasalahan teknis pada motor sehingga harus keluar dari perlombaan pada dua stage berikutnya.

Xavier de Soultrait

Dia adalah salah satu dari dua pembalap anyar Yamalube Yamaha Official Rally Team yang direkrut mulai Mei 2017 yang lalu. Sebelum bergabung dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team, Xavier de Soultrait bergabung dengan tim satelit Yamaha, yaitu Viltais Racing Team HFP. Penampilang gemilang Xavier de Soultrait bersama Viltais Racing Team HFP di Rally Dakar 2017 membuat Yamalube Yamaha Official Rally Team kepincut. Xavier de Soultrait kemudian direkrut menjadi pembalap factory Yamaha. Debut pertama Xavier de Soultrait bersama Yamalube Yamaha Official Rally Team dilakukan di Afriquia Merzouga Rally 2017. Kepercayaan Yamaha langsung dibayar tuntas. Xavier de Soultrait menjadi juara Afriquia Merzouga Rally 2017 di debutnya bersama Yamalube Yamaha Official Rally Team. Prestasi Xavier de Soultrait tidak berhenti sampai di situ karena dia bertengger di podium ketiga FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017 seri ketiga Desafio Ruta 40 di Argentina dan terakhir menempati urutan keempat Baja Inka Paracas 1000 di Peru! Xavier de Soultrait kemungkinan besar bisa menjadi salah satu kandidat juara Rally Dakar 2018.

Franco Caimi

Selain Xavier de Soultrait, Franco Caimi adalah rekrutan baru di Yamalube Yamaha Official Rally Team. Performa Caimi yang ciamik di Rally Dakar 2017 saat masih bersama Honda South America Rally Team bikin Yamalube Yamaha Official Rally Team jatuh hati. Bagaimana tidak, Caimi merupakan pembalap debutan di Rally Dakar 2017. Dia pun hanya bertarung di bawah naungan tim privater Honda South America Rally Team. Tapi prestasi yang didapatkan sungguh luar biasa, mampu menempati urutan kedelapan klasemen akhir Rally Dakar 2017, bertengger bersama dengan rider-rider rally top dunia! Prestasi Caimi bersama Yamalube Yamaha Official Rally Team tidak kalah moncer. Pada debut balap perdana di Afriquia Merzouga Rally 2017, Caimi langsung memberikan podium ketiga buat Yamalube Yamaha Official Rally Team. Bukan mustahil Caimi bisa merecoki pembalap-pembalap papan atas di Rally Dakar 2018 nanti.

Sama seperti Rally Dakar 2017, pada tahun 2018 nanti Yamalube Yamaha Official Rally Team dipastikan cuma diperkuat empat orang pembalap. Ada dua orang pembalap baru yang masuk, pasti ada dua yang lengser. Masuknya dua pembalap muda potensial Xavier de Soultrait dan Franco Caimi membuat Alessandro Botturi dan Helder Rodrigues terdepak. Belum diketahui secara pasti tim mana mereka berlabuh pada Rally Dakar 2018. Namun yang pasti, komposisi empat pembalap Yamalube Yamaha Official Rally Team pada Rally Dakar 2018 ini membuat tim biru semakin kuat dan bukan tidak mungkin bisa merebut gelar juara Dakar dari tangan KTM.

Leave a Reply