Jed Beaton – Benih Muda Potensial & Bertalenta Tinggi HRC di MXGP

Jed Beaton tampil sangat mengesankan di kelas MX2 (250 cc) – MXGP Perancis 2017 yang merupakan seri terakhir musim ini. Dia bertarung begitu hebat, sanggup meladeni permainan pembalap-pembalap top MX2 seperti Pauls Jonass (Red Bull KTM Factory Racing), Jeremy Seewer (Team Suzuki World MXGP), dan lain-lain, mampu masuk ke podium kedua pada race 1 dan kemudian mengisi posisi keempat pada race 2. Memang siapa sebenarnya Jed Beaton?

Jed Beaton adalah pembalap didikan Honda Racing Corporation (HRC) yang bertarung di EMX250 alias European Motocross 250. Tapi kemudian HRC memberinya kesempatan membalap di kelas MX2 – MXGP 2017 sebanyak empat seri, yaitu di Republik Ceko, Belgia, Belanda, dan Perancis. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Jed Beaton. Walaupun dia biasanya hanya bertarung di level Eropa, namun hasil yang didapatkan di kejuaraan dunia tidaklah buruk. Bahkan tergolong baik!

Pada debutnya di Belgia misalnya, dia berhasil menempati urutan ke-14 pada race 1 dan urutan kesembilan pada race 2. Beralih ke Belgia, Jed Beaton finish di posisi ke-26 pada race 1 dan urutan ke-28 di race 2. Di Belanda, Beaton sukses menempati urutan ke-14 pada race 1 dan race 2 sekaligus. Penampilan paling ciamik Jed Beaton terjadi di Perancis dengan finish di podium ketiga race 1 dan selanjutnya menempati posisi keempat pada race 2. Dari total empat seri yang diikuti oleh Beaton, dia berhasil mengumpulkan total 71 poin dan menempati urutan ke-26 klasemen akhir.

Apakah hasil yang didapatkan oleh Beaton itu buruk? Tentu tidak! Sebagai perbandingan, HRC MX2 memiliki dua pembalap tetap di kelas MX2 – MXGP 2017, yaitu Michele Cervellin dan Chihiro Notsuka. Dari total 19 seri yang dihelat pada 2017, Cervellin secara total mengikuti 17 seri dengan raihan 263 poin. Cervellin absen di seri Belanda dan Perancis. Dia menutup musim 2017 dengan menempati urutan ke-12 klasemen akhir. Boleh dikatakan Cervellin ini yang menjadi tumpuan utama HRC MX2. Bagaimana dengan Chihiro Notsuka? Sepanjang musim 2017 Notsuka hanya ikut di dua seri, Qatar dan Argentina. Total poin yang dikumpulkan oleh Notsuka adalah 1 poin. Terlihat Beaton sebagai pembalap paruh waktu justru jauh lebih produktif daripada Notsuka. Mungkinkah pada 2018 Beaton bisa membalap semusim penuh dengan HRC MX2?

Leave a Reply