Pembalap Yamaha Loic Larrieu Buru Kemenangan di EnduroGP Inggris

Pembalap Outsiders Yamaha Official Enduro Team Loic Larrieu akhir pekan ini (23-24 September 2017) sangat berambisi memenangkan EnduroGP Inggris 2017 yang digelar di Hawkstone Park, sebuah taman seluas 40 hektar yang menjadi jantung kota di Negara Inggris. Pasalnya, kemenangan di EnduroGP Inggris masih bisa membuka peluang buat Loic Larrieu menjuarai EnduroGP 2017.

Sepanjang musim kompetisi 2017, penampilan pembalap enduro asal Perancis ini boleh dikatakan sangat bagus. Sebelum EnduroGP Inggris, dia berhasil mendapatkan enam kali podium dengan total 222 poin. Saat ini Loic Larrieu berada di urutan kedua klasemen sementara atau tertinggal 37 poin dari pemuncak klasemen sementara Steve Holcombe (Beta Factory Racing). Memang dalam dua race sekaligus di Inggris merupakan satu-satunya cara bagi Loic untuk memberikan tekanan kepada Steve Holcombe di tangga juara.

Dalam keterangan resmi yang dikirimkan oleh Yamaha Racing, Loic Larrieu mengaku sedang dalam semangat yang tinggi. Apalagi dia belum lama ini sukses membawa Perancis mendapatkan medali emas di kompetisi International Six Days Enduro (ISDE) 2017 yang digelar di Kota Brive – Perancis. Loic pun optimis dengan motor enduro Yamaha WR450F andalannya dia bisa memenangkan EnduroGP Inggris pada Sabtu dan Minggu ini.

“Aku merasa sedang sangat bagus di atas motor sekarang ini dan targetku adalah terus menang. Setelah menang di ISDE dan French Enduro Championship minggu lalu, aku ingin terus menjaga momentum itu di sini, di Inggris,” ungkap Loic.

Rencananya EnduroGP Inggris bakal menggunakan format balap yang baru dan berbeda dibandingkan dengan seri-seri EnduroGP yang lain. Pada Sabtu (23/9/2017), para rider akan bertarung menjadi yang paling kencang menggunakan format sprint enduro, kemudian pada Minggu (24/9/2017) format yang dipakai adalah ala GNCC atau cross-country. Menanggapi hal itu, Loic mengaku tidak mempermasalahkannya. Justru dia sangat suka dengan track di Hawkstone Park yang didominasi oleh pasir.

“Dengan sprint enduro pada Sabtu dan kemudian format GNCC pada Minggu, EnduroGP Inggris akan menjadi pengalaman baru buat semua rider. Medan di Hawkstone Park lebih banyak berpasir dan aku suka itu. Aku telah melakukan latihan di pasir dan aku pikir kondisi itu sangat cocok buat motor WR450F-ku. Kami telah melakukan banyak pengetesan sejak awal tahun, dan motor ini sangat powerful serta mudah dikendarai. Mengendarai motor yang kuat seperti WR450F akan sangat menguntungkan di kondisi berpasir EnduroGP Inggris,” ungkap dia.

EnduroGP 2017 masih menyisakan dua seri, yaitu Inggris dan Jerman. Artinya masih akan ada empat race yang dijalani oleh para pembalap dengan total 100 poin yang diperebutkan. Dengan ketertinggalan 37 poin, Loic memang masih punya peluang juara EnduroGP 2017, walaupun peluang lebih besar tentunya ada pada Steve Holcombe. Loic mesti bertarung dengan sangat keras dan berusaha menjadi pemenang di empat race tersisa agar bisa menjadi juara EnduroGP 2017, sembari berharap Steve Holcombe melakukan kesalahan.

Leave a Reply