Billy Bolt Menangi Beach Race di Red Bull Sea to Sky 2017, Walker Kedua!

Kompetisi Hard Enduro Red Bull Sea to Sky 2017 di Turki telah dimulai pada 28 September 2017 dan bakal berakhir pada 30 September 2017. Dalam kompetisi yang berlangsung selama tiga hari itu terbagi dalam tiga format race, yaitu Beach Race (28 September 2017), Forest Race (29 September 2017), dan puncaknya adalah Olympos Mountain Race (30 September 2017). Sejumlah rider Hard Enduro top dunia ikut ambil bagian di Red Bull Sea to Sky 2017, mulai dari Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), Alfredo Gomez (Red Bull KTM Factory Racing), Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing), Mario Roman (Sherco Factory Racing Team) hingga Wade Young (Sherco Factory Racing Team). Beach Race sudah digelar kemarin (28/9/2017), lalu siapakah yang menang?

Tanpa diduga-duga, rekan satu tim Graham Jarvis di Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, Billy Bolt, justru tampil gemilang di Beach Race – Red Bull Sea to Sky 2017. Padahal rider asal Inggris penunggang motor enduro 2-stroke Husqvarna TE 300 itu belum pernah memenangkan kompetisi Hard Enduro sama sekali. Billy Bolt yang sejak tahun ini bergabung dengan Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing mampu mengumpulkan catatan waktu paling kencang 18 menit 22 detik dalam tujuh lap di Beach Race. Dua rider Red Bull KTM Factory Racing Jonny Walker dan Alfredo Gomez menyusul di belakang Billy Bolt. Jonny Walker finish di posisi kedua dengan catatan waktu 18 menit 34 detik, sedangkan Alfredo Gomez menyelesaikan race di urutan ketiga dengan catatan waktu 18 menit 35 detik. Dua riderĀ Red Bull KTM Factory Racing ini sama-sama mengandalkan motor enduro 2-stroke KTM 300 EXC.

“Aku merasa sangat gembira. Aku tidak melakukan start dengan bagus tapi kemudian bisa mendahului Jonny (Walker) setelah satu atau dua lap. Aku sangat menginginkan kemenangan untuk menebus hasil tahun lalu di mana aku mendapatkan masalah teknis dan gagal melanjutkan lomba. Menang hari ini berarti aku start pertama di Forest Race besok, itu ada keuntungan dan kerugiannya. Sepanjang aku dapat mendongakkan kepalaku dan tidak melakukan kesalahan apapun, seharusnya aku bisa finish dengan baik di barisan depan untuk start di Mountain Race pada hari Sabtu,” ungkap Billy Bolt.

“Aku melakukan start yang sangat bagus. Aku tahu race akan berlangsung cukup sengit, jadi aku memulainya dengan sangat mantap. Aku mendapatkan holeshot dan melesat di depan, tetapi setelah aku melakukan beberapa kali kesalahan pada ban motor, aku disalip oleh Billy dan Alfredo. Aku berusaha mengejar dan berhasil mendahului Alfredo, tetapi Billy sudah terlalu jauh di depan. Aku gembira dan dengan hasil ini berarti aku start kedua di Forest Race besok,” kata Jonny Walker.

“Aku start lumayan bagus dan berusaha bergeser ke posisi kedua segera. Sekitar lap kedua, banyak rider yang masih stuck di bebatuan sehingga itu membuatku lebih sulit. Aku melakukan kesalahan crash di beberapa track pasir yang empuk dan sedikit melukai lenganku. Aku senang bisa finish di podium setelah mengalami crash. Sejujurnya aku ingin menang di sini dan start ketiga di Forest Race besok tidaklah terlalu buruk. Tes utama akan terjadi di Mountain Race dan aku sangat siap menghadapinya,” tutur Alfredo Gomez yang finish ketiga di Beach Race.

Di luar tiga besar, rider Beta Factory Racing Pol Tarres yang mengandalkan motor Beta RR 2T 300 Racing Factory mampu tampil cemerlang dengan finish di urutan keempat. Pol Tarres mengitari tujuh lap di Beach Race selama 20 menit pas! Sementara itu, “The King of Extreme Enduro” Graham Jarvis yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat juara Red Bull Sea to Sky 2017 malah hanya mampu finish kelima dengan catatan waktu 20 menit 16 detik, disusul oleh Mario Roman keenam dan Paul Bolton (Eurotek KTM) ketujuh.

Walaupun Billy Bolt berhasil memenangkan Beach Race, tapi dia belum tentu bisa menggenggam gelar juara Red Bull Sea to Sky 2017 karena kompetisi ini masih cukup panjang. Masih ada Forest Race dan Olympos Mountain Race yang tentunya memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Apalagi rider yang kaya pengalaman seperti Alfredo Gomez dan Graham Jarvis lebih suka dengan Olympos Mountain Race daripada dua race yang lain, sehingga Billy Bolt harus terus memberikan performa terbaik dengan melaju sekencang mungkin di Forest Race dan Olympos Mountain Race jika ingin menjadi juara Red Bull Sea to Sky 2017!

Hasil Beach Race – Red Bull Sea to Sky 2017:

  1. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing – 00:18:22
  2. Jonny Walker – Red Bull KTM Factory Racing – 00:18:34
  3. Alfredo Gomez – Red Bull KTM Factory Racing – 00:18:35
  4. Pol Tarres Roca – Beta Factory Racing – 00:20:00
  5. Graham Jarvis – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing – 00:20:16
  6. Mario Roman – Sherco Factory Racing Team – 00:20:19
  7. Paul Bolton – Eurotek KTM – 00:20:45
  8. David Cyprian – KTM
  9. Lars Enockl – KTM
  10. Wade Young – Sherco Factory Racing Team

One comment

Leave a Reply