Finish Kelima di Stage 5, Joan Pedrero Raih Gelar Juara Panafrica Rally 2017

Rider Sherco TVS Factory Rally Team Joan Pedrero Garcia akhirnya mengunci gelar juara Panafrica Rally 2017 yang digelar di Maroko setelah menyelesaikan race Stage 5 dengan menempati posisi kelima. Joan Pedrero memang tidak perlu menjadi yang terkencang di Stage 5 untuk merengguh gelar juara karena dia begitu dominan sejak Stage 1 yang membuat catatan waktunya di klasemen berjarak agak jauh dari para pesaing.

Pada Stage 5 sendiri panitia lomba hanya menyediakan jalur sepanjang 215 kilometer di area gurun pasir Maroko. Itupun 109 kilometer di antaranya merupakan jalur penghubung yang tidak dihitung catatan waktunya. Sedangkan jalur Special Stage (SS) yang diperhitungkan dalam catatan waktu hanya sepanjang 106 kilometer. Tentu saja Stage 5 bukanlah pekerjaan yang terlalu berat bagi para rider yang sudah berpengalaman melibas jarak yang lebih jauh di stage-stage sebelumnya.

Sebenarnya Stage 5 bisa menjadi pertarungan yang sangat seru dari dua rider Sherco TVS Factory Rally Team Joan Pedrero Garcia dan Adrien Metge karena selisih catatan waktu mereka sangat tipis. Dua orang inilah yang punya peluang paling besar menjuarai Panafrica Rally 2017. Akan tetapi, adu kencang antara dua rider dalam satu tim ini justru tidak terjadi. Yang ada malah Joan Pedrero terlibat tabrakan dengan Adrien Metge sehingga motor mereka mengalami kerusakan. Secara mengejutkan Sebastian Buhler (Buhler – Yamaha) yang mengendarai motor Yamaha WR450F Rally justru mencuri perhatian di tengah keapesan Joan Pedrero dan Adrien Metge. Buhler mampu finish paling cepat dengan catatan waktu 1 jam 35 menit 10 detik. Oriol Mena Valdearcos (Hero Motorsport Team Rally) finish kedua di belakang Buhler dengan catatan waktu 1 jam 38 menit 16 detik, disusul oleh Daniel Oliveras (HIMOINSA Racing Team – KTM) ketiga, dan Alessandro Botturi (Yamaha Rally Team) keempat.

Joan Pedrero yang mengandalkan motor Sherco RTR 450 Rally hanya finish kelima dengan catatan waktu 1 jam 41 menit 54 detik. Namun hasil itu sudah cukup untuk membawanya meraih gelar juara Panafrica Rally 2017 karena dalam race sebanyak lima stage, catatan waktu total yang dibukukan oleh Joan Pedrero masih paling cepat. Pesaing utama Joan Pedrero dalam perebutan gelar juara, Adrien Metge, harus puas menyelesaikan race di posisi kesembilan. Meskipun demikian, Adrien Metge berhak mendapatkan podium kedua Panafrica Rally 2017. Selanjutnya podium ketiga Panafrica Rally diisi oleh Daniel Oliveras yang selalu tampil konsisten dengan motor KTM 450 RALLY.

“Aku sangat menikmati performa hari ini karena banyak kilometer, banyak sekali, di mana aku telah membuka track (untuk rider lain), dan dalam jangka pendek ini telah menjadi pengalaman yang bagus untuk persiapan Rally Dakar (2018) dan OiLibya Rally minggu depan. Hari ini merupakan stage yang penuh dengan pasir, di mana aku menggeber motor cukup kalem dan aku sempat terlibat tabrakan dengan rekan satu timku, Adrien Metge, yang mengubah arah dan aku telah menabraknya dari belakang. Untungnya tabrakan ini tanpa konsekuensi (tidak ada yang cidera), meskipun motorku rusak lumayan parah, radiator mengalami kerusakan dan di suatu titik aku tidak percaya aku bisa finish karena cairan radiator terus mengalir keluar. Aku finish dengan motor tanpa cairan (radiator),” kata sang juara Panafrica Rally 2017 Joan Pedrero.

Hasil Race Stage 5 Panafrica Rally 2017:

  1. Sebastian Buhler – Buhler (Yamaha)
  2. Oriol Mena Valdearcos – Hero Motorsport Team Rally (Hero)
  3. Daniel Oliveras Carreras – HIMOINSA Racing Team (KTM)
  4. Alessandro Botturi – Yamaha Rally Team (Yamaha)
  5. Joan Pedrero Garcia – Sherco TVS Factory Rally Team (Sherco)
  6. Maurizio Gerini – Solarys (Husqvarna)
  7. Ivan Cervantes Montero – HIMOINSA Racing Team (KTM)
  8. Alejandro Andreu – Hero Motorsport Team Rally (Hero)
  9. Adrien Metge Bresil – Sherco TVS Factory Rally Team (Sherco)
  10. Txomin Arana Kobeaga – Gor Sport (Husqvarna)

Klasemen Akhir Panafrica Rally 2017:

  1. Joan Pedrero Garcia – Sherco TVS Factory Rally Team (Sherco)
  2. Adrien Metge Bresil – Sherco TVS Factory Rally Team (Sherco)
  3. Daniel Oliveras Carreras – HIMOINSA Racing Team (KTM)
  4. Sebastian Buhler – Buhler (Yamaha)
  5. Mario Patrao – Credito Agricola (KTM)
  6. Marc Sola Terradellas – HIMOINSA Racing Team (KTM)
  7. Joaquin Rodrigues – Hero Motorsport Team Rally (Hero)
  8. Ivan Cervantes Montero – HIMOINSA Racing Team (KTM)
  9. CS Santosh – Hero Motorsport Team Rally (Hero)
  10. Txomin Arana Kobeaga – Gor Sport (Husqvarna)

Leave a Reply