Rider Husqvarna Graham Jarvis Raih Gelar Juara Red Bull Sea to Sky 2017

Red Bull Sea to Sky 2017 benar-benar menyuguhkan cukup banyak hal yang tidak terduga. Kompetisi yang digelar di Turki selama tiga hari ini memang dibagi menjadi tiga macam race dengan tiga macam terrain yang berbeda, yaitu Beach Race (28 September 2017), Forest Race (29 September 2017), dan Mountain Race (30 September 2017). Beach Race pada hari pertama dimenangkan oleh Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), kemudian Forest Race pada hari kedua menjadi milik Wade Young (Sherco Factory Racing Team). Bagaimana dengan Mountain Race pada hari terakhir?

The King of Extreme Enduro Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) yang tampil kalem dan tidak terlalu mengesankan pada sesi Beach Race dan Forest Race tiba-tiba seperti mengamuk di Mountain Race. Graham Jarvis benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai The King of Extreme Enduro dengan memenangkan Mountain Race sekaligus merengkuh gelar juara Red Bull Sea to Sky 2017! Hasil itu sekaligus membuktikan pernyataan Graham Jarvis sebelum race, di mana dia bilang Beach Race dan Forest Race tidak terlalu penting. Bagi dia, yang paling penting dan paling menentukan di Red Bull Sea to Sky adalah Mountain Race, sehingga dia lebih fokus di sana.

Dalam pemaparannya Graham Jarvis mengaku tidak melakukan start Mountain Race dengan bagus. Hal itu kemudian diperparah dengan rusaknya dudukan tuas kopling sehingga Graham Jarvis mesti susah payah merekatkan housing tuas kopling itu pada handlebar di tengah perjalanan. Akan tetapi, dengan segudang pengalaman dan skill luar biasa yang dimiliki, Graham Jarvis sukses mengalahkan rider-rider lain yang berusia lebih muda dan lebih energik. Sementara itu podium kedua dan ketiga diraih oleh dua orang rider Sherco Factory Racing Team Mario Roman dan Wade Young.

“Startku tidak terlalu bagus dan aku kerepotan mengejar (rider di depan). Wade dan Mario benar-benar menggeber kecepatannya di depan. Kemudian aku merusakkan dudukan tuas kopling dan housing-nya di tengah perjalanan dan aku merekatkan itu terlebih dahulu di handlebar. Aku tidak memiliki kopling di beberapa lokasi. Aku berhasil menangkap dua rider itu (Wade Young dan Mario Roman) dengan baik di tanjakan kedua terakhir sebelum finish, aku melihat garis finish dan sampai di sana pertama. Aku sangat gembira, aku pikir beberapa botol bir akan dipesan malam ini,” ungkap Graham Jarvis.

Dua rider Sherco Factory Racing Team Wade Young dan Mario Roman bisa dikatakan tampil sangat baik di Mountain Race. Bahkan mereka berdua memimpin posisi 1-2 hampir di sepanjang sesi Mountain Race. Awalnya Mario Roman memimpin, tapi kemudian Wade Young mengambil alih pimpinan. Apes buat Wade Young, pada tanjakan kedua terakhir, Graham Jarvis menyalipnya. Lalu sekitar 50 meter setelah tanjakan itu Wade Young stuck saat berusaha menerjang area berbatu. Mario Roman yang melihat peluang kemudian menyalip Wade Young sehingga berhasil finish kedua di belakang Graham Jarvis. Wade Young sendiri harus puas finish ketiga. Jelas hasil tersebut membuat Wade Young kecewa.

“Aku sangat senang dengan hasil ini, datang ke sini (Red Bull Sea to Sky) untuk pertama kalinya dan mendapatkan podium tentu sangat bagus. Aku riding bersama Wade, kemudian dia melakukan kesalahan menjelang finish dan aku mendapatkan posisinya,” kata Mario Roman.

“Aku agak sakit hati dengan hasil itu, aku terus berada di posisi pertama sejak awal hingga kemudian berada di posisi ketiga ketika melihat garis finish, ini adalah pil pahit yang harus ditelan,” keluh Wade Young.

Rider Red Bull KTM Factory Racing Alfredo Gomez yang cukup berambisi bisa menang di Red Bull Sea to Sky harus puas mengakhiri race di posisi keempat. Junior Graham Jarvis di Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Billy Bolt mengisi posisi kelima, Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) keenam, dan Lars Enockl (KTM) ketujuh. Melengkapi posisi 10 besar ada nama-nama seperti Paul Bolton (Eurotek KTM) kedelapan, Pol Tarres (Beta Factory Racing) kesembilan, dan Xavier Leon Sole ke-10.

One comment

Leave a Reply