Romain Febvre Tampil di MXoN 2017 Pakai Yamaha YZ450FM Terbaru

Rider Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team Romain Febvre pada akhir pekan ini, Sabtu (30/9/2017) sampai dengan Minggu (1/10/2017), bakal bergabung dengan Tim Nasional Perancis dalam kompetisi Motocross of Nations (MXoN) 2017. Rencananya, pada Motocross of Nations 2017 yang digelar di Matterley Basin – Inggris itu Romain Febvre akan menggunakan motor Yamaha YZ450FM yang terbaru model year 2018.

Motocross of Nations merupakan ajang balap motocross antar negara-negara di dunia. Para rider yang biasanya membela sebuah tim pabrikan akan bergabung membela negaranya masing-masing di Motocross of Nations. Bisa dikatakan ini adalah piala dunia atau olimpiadenya kejuaraan motocross. Motocross of Nations 2017 yang digelar di Inggris memperlombakan tiga kelas, yaitu MXGP Class (450 cc), MX2 Class (250 cc), dan Open Class. Setiap negara yang ambil bagian dalam kompetisi ini diperkuat oleh tiga orang rider yang berlaga di masing-masing kelas. Kemudian dalam setiap kelas tersebut digelar dalam dua kali race. Jadi konsepnya cenderung mirip seperti MXGP, di mana pada masing-masing kelas memperlombakan dua race, yaitu Race 1 dan Race 2. Dari jadwal yang sudah dibuat oleh panitia, pada Sabtu para rider menjalani sesi latihan bebas dan sesi kualifikasi, sedangkan seri race digelar pada hari Minggu.

Dalam rilis yang dikirim oleh Yamaha Racing kepada Goracing.id, Yamaha YZ450FM model year 2018 merupakan motor yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan YZ450FM model year 2017. Yamaha mengklaim motor ini punya bobot yang lebih ringan dan lebih ringkas. Imbasnya Yamaha YZ450FM terbaru bisa memberikan stabilitas dan kontrol yang lebih baik ketika melibas berbagai kondisi track. Tidak cuma itu, Yamaha YZ450FM model year 2018 diklaim memiliki sistem pengereman yang lebih bagus dan juga memiliki traksi yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Romain Febvre, sang juara MXGP 2015, telah memperkuat Tim Nasional Perancis di Motocross of Nations sebanyak tiga kali sepanjang karirnya di ajang balap ini. Bahkan kalau dihitung dengan gelaran Motocross of Nations tahun ini, maka Romain Febvre membela Perancis sebanyak tiga kali beruntun. Satu hal yang cukup menarik, Romain Febvre dalam dua tahun terakhir (2015-2016) sukses menjadi pemenang dalam setiap kelas yang dia ikuti di Motocross of Nations.

Selain Romain Febvre, rider Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team yang lain Jeremy Van Horebeek juga ikut ambil bagian di Motocross of Nations 2017. Bedanya Jeremy Van Horebeek bakal membela Tim Nasional Belgia. Sama seperti Romain Febvre, Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team membekalinya dengan motor Yamaha YZ450FM model year 2018. Jeremy Van Horebeek pertama kali tampil di Motocross of Nations bersama Belgia pada tahun 2007 dan terus berlanjut sampai tahun 2017 tanpa jeda. Dengan begitu Jeremy Van Horebeek sudah membela Belgia di Motocross of Nations sebanyak sembilan kali. Jika keikutsertaan pada tahun 2017 dihitung, maka jumlahnya mencapai 10 kali. Dari sembilan kali berlaga di Motocross of Nations, Jeremy Van Horebeek sukses mengumpulkan tujuh kali podium.

Apakah masih ada rider Yamaha yang ikut bertarung di Motocross of Nations 2017? Tentu ada! Rider Wilvo Yamaha MXGP Arnaud Tonus bakal membela Tim Nasional Swiss, kemudian Karlis Sabulis yang bernaung di ASTES4-TESAR Yamaha Official EMX250 rencananya menjalani debut di kelas 450 cc bersama Latvia, sedangkan Jan Pancar (ASTES4-TESAR Yamaha Official EMX250) membela Slovenia dengan mengandalkan motor Yamaha YZ250F. Rider Kemea Yamaha Official MX2 Brent Van Doninck bergabung dengan Jeremy Van Horebeek di Tim Nasional Belgia, sementara rekan satu timnya yang sama-sama menggunakan Yamaha YZ250F Alvin Östlund membalap di Tim Nasional Swedia.

Leave a Reply