Wade Young Tampil Ganas di Forest Race – Red Bull Sea to Sky 2017

Red Bull Sea to Sky 2017 yang digelar di Kemer, Turki, menjadi salah satu kompetisi Hard Enduro yang sangat disukai oleh para rider top dunia. Alasannya, kompetisi ini dibagi menjadi tiga macam race dengan tiga macam terrain yang berbeda, yaitu Beach Race (28 September 2017), Forest Race (29 September 2017), dan Mountain Race (30 September 2017). Beach Race telah berlangsung pada Kamis (29/9/2017) dan dimenangkan oleh Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing). Bagaimana dengan Forest Race?

Berpindah dari pantai ke perbukitan, Red Bull Sea to Sky 2017 memberikan tantangan kepada para rider untuk merasakan berbagai rintangan enduro khas Turki di Forest Race yang berada di seputaran perbukitan di kaki Gunung Olympos. Jarak tempuh yang mesti dilewati oleh para rider yang ikut serta di Forest Race sekitar 50 kilometer yang merupakan kombinasi antara rute single track, gravel, dan tanjakan-tanjakan ekstra tinggi yang sangat menantang.

Billy Bolt yang memenangkan Beach Race berhak melakukan start pertama di Forest Race, disusul oleh Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) kedua, dan Alfredo Gomez (Red Bull KTM Factory Racing) ketiga. Akan tetapi, Forest Race menjadi hari baik buat rider Sherco Factory Racing Team Wade Young. Wade Young yang hanya finish ke-10 pada Beach Race melakukan start dengan sangat baik di Forest Race dan terus memacu motor Sherco 300 SE-R miliknya dengan kencang. Pria asal Afrika Selatan ini kemudian berhasil mendahului dua orang rider yang berada di depannya. Wade Young terlihat sangat nyaman berada di atas motornya hingga dia menyentuh garis finish hampir dua menit lebih cepat dari Jonny Walker.

“Aku sangat senang dengan riding-ku hari ini. Aku menemukan kecepatan yang nyaman lebih awal dan aku hanya mengalir begitu saja di tes ini. Aku berusaha mengejar Lars Enockl (KTM) dan David Cyprian (KTM) di depan dan mereka memberikan kesempatan kepadaku untuk melewatinya, itu luar biasa. Aku tidak menghentikan ritmeku dan terus menggeber motor dengan maksimal hingga finish. Aku siap menjalani Mountain Race. Aku merasa sedang baik, sangat baik dan sepertinya aku memiliki peluang juara tahun ini,” ungkap Wade Young.

Di belakang Wade Young, bertengger Jonny Walker yang sukses finish kedua, sedangkan Billy Bolt harus puas menyentuh garis finish ketiga untuk melengkapi podium. Rider senior Hard Enduro yang bernaung di Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Graham Jarvis start dari posisi kelima. Tapi dia dengan mudah merangsek ke posisi empat dengan mendahului Pol Tarres (Beta Factory Racing) yang start dari urutan keempat. Selanjutnya Lars Enockl yang menjadi juara Red Bull Sea to Sky 2016 mampu menyelesaikan Forest Race di urutan kelima.

Alfredo Gomez yang menargetkan bisa juara Red Bull Sea to Sky 2017 justru tampil kurang prima di Forest Race. Pria asal Spanyol itu hanya mampu finish keenam, disusul oleh David Cyprian ketujuh, Mario Roman (Sherco Factory Racing Team) kedelapan, Paul Bolton (Eurotek KTM) kesembilan, dan Pol Tarres ke-10. Dan ada satu hal yang cukup menarik dicermati, lebih dari 90 persen peserta yang ikut di Forest Race menggunakan motor enduro 2-stroke 250/300 brand Eropa, mulai dari Sherco 300 SE-R, KTM 250/300 EXC, Husqvarna TE 300, hingga Beta RR 2T 300! Sepertinya kompetisi Hard Enduro memang menjadi habitat sempurna buat motor enduro 2-stroke.

Pada hari ini, Sabtu, 30 September 2017, bakal digelar Mountain Race yang berlokasi di Gunung Olympos. Mountain Race akan menjadi penentu siapa rider yang bisa memenangi kompetisi Hard Enduro Red Bull Sea to Sky 2017. 10 orang rider terdepan di Forest Race masih punya peluang yang sama besar dalam memenangkan Red Bull Sea to Sky 2017. Kira-kira siapa yang akan jadi juara? Apakah Wade Young, Jonny Walker, Billy Bolt, Graham Jarvis, Alfredo Gomez, atau rider lainnya?

Hasil Forest Race – Red Bull Sea to Sky 2017:

  1. Wade Young – Sherco Factory Racing – 01:33:19
  2. Jonny Walker – Red Bull KTM Factory Racing – 01:35:12
  3. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing – 01:36:31
  4. Graham Jarvis – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing – 01:37:16
  5. Lars Enockl – KTM – 01:38:36
  6. Alfredo Gomez – Red Bull KTM Factory Racing – 01:39:12
  7. David Cyprian – KTM – 01:39:13
  8. Mario Roman – Sherco Factory Racing Team – 01:40:45
  9. Paul Bolton – Eurotek KTM – 01:41:32
  10. Pol Tarres – Beta Factory Racing – 01:42:10

Leave a Reply