Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing Rekrut Andrew Short

Salah satu tim balap rally ternama di dunia, Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing, baru saja memberikan pengumuman telah merekrut rider baru. Dia adalah yang merupakan mantan pembalap Supercross dan Motocross kenamaan asal Amerika Serikat. Andrew Short akan langsung bergabung dengan Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing segera dan bakal bertarung di ajang balap rally menggunakan motor Husqvarna FR 450 RALLY hingga tahun 2019.

Sekedar informasi, Andrew Short merupakan salah satu rider legendaris di ajang Motocross dan Supercross di Amerika Serikat. Dia memulai karirnya menjadi pembalap profesional Motocross dan Supercross sejak berusia 16 tahun. Secara total dia telah menjadi juara sebanyak sembilan kali dan masuk ke podium sebanyak 49 kali sepanjang karirnya. Dengan segudang pengalaman yang dimiliki di ajang balap garuk tanah, Andrew Short berperan juga sebagai test rider dan development rider resmi dari sebuah pabrikan motor. Pada akhir musim kompetisi Motocross 2016, Short menyatakan pensiun dari kompetisi ini. Dia lalu beralih peran menjadi komentator di ajang balap Motocross sekaligus menjadi mentor bagi kalangan generasi muda yang ingin terjun serius di ajang balap motor ini.

Walaupun sudah pensiun dari Motocross, Andrew Short sendiri sepertinya tidak ingin benar-benar lepas dari dunia balap off road. Terbukti pada tahun 2017 ini dia mulai banting stang dengan mengikuti ajang balap Rally. Sonora Rally 2017 di Meksiko menjadi lokasi debut perdananya. Hasil yang didapatkan tidak terlalu buruk, bahkan sangat baik sebagai pemula di ajang balap Rally. Short mengakhiri Sonora Rally 2017 dengan menempati podium ketiga klasemen akhir.

Prestasi dan pengalaman Andrew Short di kancah balap Motocross, Supercross, hingga Rally rupanya membuat Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing kepincut. Dia dikontrak dalam jangka waktu dua tahun dan langsung akan menjalani debut di atas mesin Husqvarna FR 450 RALLY di OiLibya Rally 2017, Maroko, pada 4-10 Oktober 2017. Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing berharap Andrew Short bisa memberikan kontribusi yang besar di Rally Dakar pada bulan Januari 2018 mendatang.

“Kami sangat senang memiliki Andrew yang bergabung dengan Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing. Sebagai pembalap berprestasi dengan karir yang sangat panjang dan terhormat di balap Motocross dan Supercross, Andrew sekarang sangat termotivasi untuk bisa sukses di ajang balap Rally. Dengan memanfaatkan segudang pengalaman dan pengetahuannya, kami sangat yakin dia akan semakin memperkuat tim Rally kami. Dengan kecepatannya yang tidak pernah diragukan, tujuan kami adalah menyediakan semua alat yang diperlukan agar dia dapat belajar dan terus meningkatkan kemampuan navigasinya. Andrew akan memulai debut di OilLibya Rally minggu ini di Maroko. Ini akan menjadi kesempatan sempurna baginya untuk mendapatkan beberapa kilometer membalap dengan mesin Husqvarna FR 450 RALLY menjelang Rally Dakar 2018,” kata Head of Motorsport Husqvarna Motorcycles Diego Clement.

Sementara itu, Andrew Short mengaku senang bisa bergabung dengan tim hebat seperti Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing. Baginya ini adalah peluang untuk melangkah lebih jauh dalam karirnya di dunia balap profesional. Apalagi dia juga sangat suka berpetualang menggunakan motor off road, sehingga membalap di arena Rally merupakan langkah yang sangat bagus untuk menuntaskan hobby dan karirnya sekaligus.

“Balap Rally merupakan salah satu ajang yang membuatku tertarik masuk ke dalamnya. Aku suka riding dan racing sekaligus dan sepertinya Rally adalah petualangan utama yang bisa kamu dapatkan menggunakan motor off road. Setelah pensiun dari pembalap Motocross pada akhir tahun 2016, aku mulai riding menggunakan motorku di pegunungan sekitar Colorado dan aku merasa sangat cinta dengan hal itu. Aku kemudian mulai berlatih navigasi dan terjun ke Sonora Rally. Tantangan terbesar buatku sekarang adalah bagaimana menambah pengalaman dan menambah skill dalam bernavigasi dan itu yang akan menjadi fokusku pada akhir pekan ini di Maroko,” ungkap Andrew Short.

Sebelumnya Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing punya dua orang rider, yaitu Pablo Quintanilla dan Pela Renet. Belum diketahui secara pasti dengan bergabungnya Andrew Short ke Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing apakah berarti tim balap ini bakal diperkuat oleh tiga orang rider atau ada salah satu rider yang hengkang. Kemungkinan yang paling besar Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing memanfaatkan tiga rider untuk memperkuat tim menjelang Rally Dakar 2018 karena Pablo Quintanilla dan Pela Renet yang telah bergabung lebih dulu sejauh ini memberikan prestasi yang baik untuk Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing.

 

Leave a Reply