Jonny Walker Sudah Senang Finish Tanpa Masalah di Red Bull Sea to Sky

Rider Red Bull KTM Factory Racing Jonny Walker sebenarnya tampil cukup impresif di kompetisi Hard Enduro Red Bull Sea to Sky yang digeler di Turki pada 28-30 September 2017. Seperti diketahui, Red Bull Sea to Sky 2017 dilombakan selama tiga hari melintasi tiga macam terrain yang berbeda, yaitu Beach Race, Forest Race, dan Mountain Race. Di Beach Race Jonny Walker sanggup finish di posisi kedua. Lalu di Forest Race penampilan Walker di atas KTM 300 EXC tak kalah memikat. Dia menyelesaikan race juga di posisi kedua, persis di belakang Wade Young (Sherco Factory Racing Team) di tempat pertama.

Akan tetapi, Mountain Race yang merupakan babak final tidak berjalan bagus buat Walker. Pertama, dia melakukan start yang buruk. Kedua, Walker terlihat sangat kerepotan dengan banyaknya debu berhamburan di track. Terakhir, dia melakukan beberapa kali kesalahan sehingga membuang cukup banyak waktu. Berbagai hal itu sudah lebih dari cukup untuk menghalangi Walker bertarung memperebutkan podium Red Bull Sea to Sky 2017. Meskipun sudah berusaha menggeber motor dengan maksimal, Walker hanya mampu menyelesaikan race di posisi keenam.

“Minggu ini berjalan sangat baik buatku, yang tidak menyenangkan hanyalah aku tidak mendapatkan hasil bagus di Mountain Race. Mendapatkan posisi kedua sebanyak dua kali, di Beach Race dan Forest Race, tentu sangat bagus. Aku riding dengan baik dan motor juga terasa baik. Aku sangat menikmati Beach Race, aku melakukan start dengan bagus dan berusaha melesat di depan. Melakukan beberapa kesalahan berarti rider lain bisa mendahuluiku. Kemudian Forest Race juga berjalan dengan baik, sangat melelahkan tapi aku tetap berusaha mendapatkan kecepatan yang bagus dan terus memacu motor dengan maksimal. Aku mendahului Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) sehingga menyentuh garis finish lebih awal daripada dia,” ungkap Walker.

Mengenai hasil yang tidak terlalu baik di Mountain Race, Walker mengaku tidak begitu mempermasalahkannya. Menurut dia Mountain Race memang sangat sulit, terutama debu yang sangat banyak dan berhamburan ke mana-mana benar-benar sangat mengganggu. Namun yang terpenting bagi Walker adalah bisa finish dengan selamat dan utuh tanpa banyak mengalami masalah, meskipun harus puas bertengger di posisi keenam.

“Aku tidak melakukan start yang bagus di Mountain Race. Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) berhasil mengejarku di dalam hutan dan kami riding bersama-sama selama beberapa saat. Debu benar-benar jadi malapetaka. Aku melakukan kesalahan bodoh dan mendapati ada batu yang terjepit di roda belakang. Itu membuatku sedikit membuang waktu dan Alfredo Gomez (Red Bull KTM Factory Racing) mendahuluiku. Saat kami mulai mendaku gunung, aku pikir aku bisa memangkas waktu karena mereka yang berada di depan mengendarai motor dengan semakin sulit, tapi itu tidak terjadi. Aku senang bisa finish tanpa terlalu banyak masalah, aku hanya berharap bisa mendapatkan posisi yang lebih baik di klasemen,” cerita Walker.

Di Red Bull Sea to Sky 2017, pasukan KTM memang gagal masuk ke podium. Podium pertama dikuasai oleh Graham Jarvis, sedangkan podium kedua dan ketiga menjadi milik dua rider Sherco Factory Racing Team Mario Roman dan Wade Young. Posisi terbaik dari Red Bull KTM Factory Racing adalah keempat yang diisi oleh Alfredo Gomez. Kemudian Jonny Walker berada di posisi keenam. Rider-rider lain yang menggunakan motor KTM berturut-turut menempati posisi ketujuh dan kedelapan, yaitu Lars Enockl dan Paul Bolton.

Hasil Akhir Red Bull Sea to Sky 2017:

  1. Graham Jarvis – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (Husqvarna TE 300)
  2. Mario Roman – Sherco Factory Racing Team (Sherco 300 SE-R)
  3. Wade Young – Sherco Factory Racing Team (Sherco 300 SE-R)
  4. Alfredo Gomez – Red Bull KTM Factory Racing (KTM 300 EXC)
  5. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (Husqvarna TE 300)
  6. Jonny Walker – Red Bull KTM Factory Racing (KTM 300 EXC)
  7. Lars Enockl – KTM (KTM 250 EXC)
  8. Paul Bolton – Eurotek KTM (KTM 300 EXC)
  9. Pol Tarres – Beta Factory Racing (Beta RR 2T 300)
  10. Xavier Leon Sole – Husqvarna (Husqvarna TE 300)

Leave a Reply