Red Bull KTM Factory Racing Kuasai Sesi Prologue OiLibya Rally 2017

OiLibya Rally yang masuk ke dalam kalender FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017 seri kelima atau yang terakhir, dimulai pada 5 Oktober 2017 kemarin dengan sesi Super Special. Dalam sesi Super Special ini pada rider yang ikut dalam lomba mesti melalui jarak total sejauh 54,34 kilometer yang terbagi menjadi 13,14 kilometer Liaison 1, dilanjutkan dengan Special Stage 12,16 kilometer, dan Liaison 2 sejauh 19,04 kilometer. Liaison merupakan jalur penghubung dari titik start ke Special Stage atau dari Special Stage ke garis finish yang tidak diperhitungkan catatan waktunya. Catatan waktu yang dihitung hanya pada Special Stage.

Pada sesi Super Special yang dilakukan di sekitaran Kota Fes ini, rider Red Bull KTM Rally Factory Racing begitu mendominasi. Paling tidak ada dua orang rider Red Bull KTM Rally Factory Racing yang masuk ke podium karena mencatatkan waktu paling kencang. Yang paling kencang adalah Sam Sunderland yang mampu mencatatkan waktu 8 menit 53 detik, disusul oleh Matthias Walkner di posisi kedua dengan catatan waktu yang sama 8 menit 53 detik. Podium ketiga didapatkan oleh Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing), sedangkan posisi keempat menjadi milik Adrien Van Beveren (Yamalube Yamaha Official Rally Team). Rider wanita asal Spanyol Laia Sanz (KTM Factory Racing) menggenapi keunggulan KTM di sesi Super Special OiLibya Rally 2017!

“Aku riding sangat bagus hari ini, stage ini memang sangat pendek tapi aku punya feeling yang bagus pada motor. Beberapa rute tergolong cukup berbahaya dengan tanjakan buta dan beberapa tikungan yang tidak terlihat, tetapi secara keseluruhan itu tidak jadi masalah dan aku senang dengan catatan waktuku,” ungkap Sam Sunderland dalam rilis yang dikirimkan oleh KTM Factory Racing kepada Goracing.id.

Sam Sunderland yang merupakan juara Rally Dakar 2017 saat ini berada di posisi ketiga FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017, tertinggal 6 poin dari Pablo Quintanilla yang memuncaki klasemen sementara. Di OiLibya Rally 2017 ini Sam Sunderland bakal berusaha sekuat tenaga untuk menjadi juara FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017 karena peluang itu masih terbuka lebar. Akan tetapi, tentu saja Pablo Quintanilla tidak akan mau menyerahkan posisinya dengan mudah. Apalagi Pablo Quintanilla tidak tertinggal terlalu jauh dari Sam Sunderland di sesi Super Special. Satu hal lagi motivasi besar Quintanilla, yaitu ingin mempertahankan gelar juara FIM Cross-Country Rallies World Championship yang sudah didapatkannya pada musim lalu.

“Ini adalah hari yang bagus buatku. Selalu penting mendapatkan hasil bagus di hari pertama pada balap rally multi-stage sepert ini. Aku menjadi rider pertama yang melakukan start di Super Special hari ini dan aku merasa baik. Aku punya feeling yang luar biasa dengan motorku sekarang ini dan aku senang bisa membalap di sini. Ini adalah race terakhir musim ini dan aku senang bisa menjadi pimpinan klasemen sementara. Aku ingin tetap fokus pada tujuan utamaku dan itu adalah untuk mempertahankan gelar juaraku dari tahun lalu,” kata Quintanilla sesuai rilis yang dikirim oleh Husqvarna Motorcycles.

Sementara itu, pasukan Monster Energy Honda Team sebagai salah satu tim kuat di ajang balap Rally tampil tidak terlalu baik di Super Special OiLibya Rally 2017. Hasil terbaik rider Monster Energy Honda Team didapatkan oleh Kevin Benavides yang bertengger di urutan keenam, kemudian Ricky Brabec berada di posisi kesembilan. Pemegang posisi kedua klasemen sementara FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017 Paulo Goncalves hanya mampu berada di posisi ke-14 Super Special, sementara Michael Metge gagal start karena mengalami sakit. Dalam rilis yang dikirimkan oleh Monster Energy Honda Team, Paolo Goncalves mengatakan bahwa dia melakukan sedikit kesalahan sehingga gagal masuk ke deretan terdepan.

“Kami telah memulai Rally Maroko, babak final dari kejuaraan dunia (IM Cross-Country Rallies World Championship 2017), dan faktanya adalah aku tidak memulainya dengan baik karena aku melakukan kesalahan kecil. Pada stage normal itu tidak akan berarti apa-apa, tapi di Prologue (Super Special) itu sangat merugikan,” tukas Goncalves.

Race Stage 1 OiLibya Rally 2017 akan dimulai hari ini 6 Oktober 2017 dengan rute dari Fes menuju Erfoud. Jarak total yang harus ditempuh oleh para rider pada Stage 1 ini adalah 859,14 kilometer dengan Special Stage sejauh 272,80 kilometer. Para rider ini akan bertarung sekuat mungkin untuk memperebutkan gelar juara dunia FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017, khususnya antara Pablo Quintanilla, Paulo Goncalves, dan Sam Sunderland.

Hasil Sesi Super Special OiLibya Rally 2017:

  1. Sam Sunderland – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Matthias Walkner – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Pablo Quintanilla – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  4. Adrien Van Beveren – Yamalube Yamaha Official Rally Team
  5. Laia Sanz – KTM Factory Racing
  6. Kevin Benavides – Monster Energy Honda Team
  7. Adrien Metge – Sherco TVS Factory Rally Team
  8. Joaquin Rodrigues – Hero Motorsport Team Rally
  9. Ricky Brabec – Monster Energy Honda Team
  10. Joan Pedrero – Sherco TVS Factory Rally Team
  11. Mario Patrao – JETMAR/KTM Portugal
  12. Lorenzo Santolino – Sherco TVS Factory Rally Team
  13. Alessandro Botturi – Yamaha Rally Italia
  14. Paulo Goncalves – Monster Energy Honda Team
  15. Andrew Short – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing

Leave a Reply