Matthias Walkner Juara OiLibya Rally, Quintanilla Jadi Juara Dunia Rally 2017!

OiLibya Rally 2017 yang digelar di Maroko sebegai seri kelima atau terakhir FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017 telah berakhir. Hasilnya, dalam balap Rally yang digelar selama enam hari (5-10 Oktober 2017) tersebut dimenangkan oleh rider Red Bull KTM Factory Racing Matthias Walkner. Walkner yang mengandalkan motor KTM 450 RALLY model year 2018 mampu mencatatkan waktu tempuh total paling cepat 10 jam 3 menit 49 detik. Bagaimana dengan podium kedua dan ketiga?

Duo rider Monster Energy Honda Team terlihat cukup moncer di OiLibya Rally 2017. Kevin Benavides misalnya, mampu bertengger di podium kedua klasemen akhir OiLibya Rally 2017 dengan catatan waktu total 10 jam 17 menit 31 detik atau lebih lambat 13 menit 42 detik dari Matthias Walkner, sedangkan Ricky Brabec mampu menembus podium ketiga dengan catatan waktu total 10 jam 20 menit 47 detik. Di belakang mereka ada Antoine Meo (Red Bull KTM Factory Racing) keempat dan Joan Pedrero (Sherco TVS Factory Rally Team) kelima.

“Ini adalah event yang cukup panjang dan aku senang bisa memenangkannya. Dalam beberapa hari terakhir kami menghadapi sungai yang banjir, stage yang panjang dengan navigasi membingungkan. Ini adalah kemenangan pertamaku di seri FIM Cross-Country Rallies World Championship dan aku merasa sangat senang. Motor baru memberiku kepercayaan diri yang lebih tinggi untuk menggeber dan membuat riding-ku berada di level yang baru. Aku senang dengan performaku di Maroko dan itu sangat penting untuk menghadapi Rally Dakar,” ungkap Matthias Walkner dalam rilis yang dikirimkan oleh KTM Factory Racing kepada Goracing.id.

Meskipun Matthias Walkner menjadi juara seri OiLibya Rally 2017 di Maroko, namun gelar juara dunia FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017 jatuh ke tangan rider Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Pablo Quintanilla. Datang ke Maroko sebagai pemuncak klasemen sementara, Quintanilla mampu menyelesaikan kejuaraan dunia Rally ini tetap sebagai pemuncak klasemen akhir. Quintanilla menutup FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017 dengan mengumpulkan total 100 poin, disusul oleh Kevin Benavides di posisi kedua dengan 97 poin dan Matthias Walkner ketiga dengan 94 poin.

“Tahun ini Rally Maroko jadi salah satu yang paling sulit dan dengan semua insiden yang terjadi pada hari kedua aku benar-benar sulit untuk mempertahankan gelar juara duniaku. Aku melakukan yang terbaik dan tetap fokus sampai akhir dengan tujuan utama menjadi juara dunia lagi. Semuanya berjalan bagus dan aku tidak pernah kehilangan fokusku. Secara umum, aku merasa kuat membalap di Maroko. Aku merasa kuat dengan navigasi dan motorku, dan ini penting untuk menghadapi Rally Dakar yang akan datang. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada anggota tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing atas kerja dan dedikasi mereka,” kata Pablo Quintanilla dalam rilis yang dikirimkan oleh Husqvarna Motorcycles.

Sementara itu, pihak Monster Energy Honda Team mengaku senang dengan hasil yang didapatkan oleh para rider-nya. Monster Energy Honda Team Manager Raul Castells mengatakan bahwa OiLibya Rally 2017 di Maroko menjadi gambaran bagaimana persiapan mereka sebelum menghadapi Rally Dakar pada Januari 2018 nanti. Raul Castells mengucapkan selamat kepada Kevin Benavides dan Ricky Brabec yang telah memberikan double podium di OiLibya Rally 2017, serta mendoakan Paulo Goncalves yang pulang dengan tangan cidera dan Michael Metge yang terserang flu begitu tiba di Maroko agar mereka cepat sembuh. Tidak lupa Raul Castells juga memberikan selamat kepada Pablo Quintanilla yang sukses mempertahankan gelar juara dunia.

“Persiapan kami dalam menghadapi Rally Dakar telah disimpulkan di Rally Maroko. Kami senang dan ingin memberikan ucapan kepada para rider atas hasil yang didapatkan. Sangat jelas tanpa mereka hal ini tidak akan bisa terjadi. Kevin dan Ricky mendapatkan double podium. Sangat disayangkan Paulo pulang ke rumah dengan cidera tangan dan kami harap dia bisa segera kembali di atas motornya. Michael Metge pulang ke rumah lebih awal setelah terserang flu. Semuanya telah bekerja sangat baik. Kami bertarung sampai akhir pada kejuaraan dunia, meskipun gagal menjadi juara, itu memang bukan target kami, taget kami sesungguhnya adalah Dakar. Sekarang kami mempersiapkan race ini (Dakar), setelah melihat semuanya berjalan dengan baik. Kami melakukan hal ini dengan baik dan kami harus berterima kasih kepada Honda Jepang dan HRC (Honda Racing Championship) karena dukungan mereka performa motor menjadi lebih baik dari hari ke hari. Terakhir, selamat kepada Pablo Quintanilla yang telah membuat kejuaraan ini berlangsung baik dan mendapatkan gelar juara dunia. Selamat kepada dia dan timnya,” kata Raul Castells.

Hasil Akhir OiLibya Rally 2017:

  1. Matthias Walkner – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Kevin Benavides – Monster Energy Honda Team
  3. Ricky Brabec – Monster Energy Honda Team
  4. Antoine Meo – Red Bull KTM Factory Racing
  5. Joan Pedrero – Sherco TVS Factory Rally Team
  6. Adrien Metge – Sherco TVS Factory Rally Team
  7. Pablo Quintanilla – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  8. Joaquin Rodrigues – Hero Motorsports Team Rally
  9. Laia Sanz – KTM Factory Racing
  10. Lorenzo Santolino – Sherco TVS Factory Rally Team

Hasil Akhir FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017:

  1. Pablo Quintanilla – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (100 Poin)
  2. Kevin Benavides – Monster Energy Honda Team (97 Poin)
  3. Matthias Walkner – Red Bull KTM Factory Racing (94 Poin)
  4. Paulo Goncalves – Monster Energy Honda Team (85 Poin)
  5. Sam Sunderland – Red Bull KTM Factory Racing (84 Poin)

One comment

Leave a Reply