EnduroGP: Christophe Nambotin Tinggalkan KTM dan Berlabuh ke Gas Gas

Kabar yang sangat menarik datang dari kancah FIM World Enduro Championship atau lebih dikenal dengan sebutan EnduroGP. Salah satu rider andalan Red Bull KTM Factory Racing di EnduroGP, Christophe Nambotin, dikabarkan hengkang dan kemudian berlabuh ke Gas Gas Enduro Factory Team. Kabar ini memang belum dikonfirmasi oleh Red Bull KTM Factory Racing, Gas Gas Enduro Factory Team, maupun Nambotin sendiri. Namun diyakini kabar tersebut sangat valid.

Christophe Nambotin bukanlah orang baru di Gas Gas. Pria asal Perancis yang belum lama ini memberikan medali emas kepada negaranya di International Six Days Enduro (ISDE) 2017 tersebut menghabiskan hampir separuh karir profesionalnya di ajang balap Enduro bersama Gas Gas. Nambotin bertahan di tim pabrikan asal Spanyol sampai dengan tahun 2011 sebelum pindah ke KTM dan mendapatkan gelar juara dunia sebanyak tiga kali antara 2012 sampai dengan 2014. Pada tahun 2015 dan 2016 Nambotin gagal mempersembahkan gelar juara EnduroGP kepada KTM. Kemudian pada tahun 2017 ini dia dipastikan juga gagal mendapatkan gelar juara dunia EnduroGP lantaran bertengger di urutan keenam klasemen sementara. Padahal EnduroGP 2017 hanya menyisakan satu seri lagi di Jerman dengan total dua race yang diperlombakan.

Pindahnya Christophe Nambotin ke Gas Gas Enduro Factory Team tentunya bakal memperkuat tim merah. Apalagi Gas Gas dipastikan merekrut legenda Enduro dunia Gio Sala sebagai manajer tim untuk memberikan prestasi yang mentereng buat Gas Gas di EnduroGP. Sekedar informasi, Sala merupakan juara dunia Enduro sebanyak enam kali, meraih 52 kali kemenangan sepanjang karirnya, dan pernah menang lima kali saat memperkuat Italia di ISDE. Pengalaman Sala yang sangat banyak di kejuaraan Enduro pastinya sangat berguna bagi Gas Gas yang baru saja bangkit dari keterpurukan.

Kekuatan Gas Gas pada tahun 2018 mendatang tidak hanya datang dari Gio Sala dan Christophe Nambotin. Pasalnya, mantan rider Beta Factory Racing Johnny Aubert kabarnya juga akan merapat ke Gas Gas. Rumor yang beredar menyebut Johnny Aubert dan Christophe Nambotin bakal bergabung satu tim dengan Antoine Bassett yang sudah terkonfirmasi lebih dulu di Gas Gas Enduro Factory Team. Melihat komposisi tiga rider seperti Antoine Bassett, Christophe Nambotin, dan Johnny Aubert ditambah dengan manajer tim Gio Sala, bukan tidak mungkin Gas Gas menjadi salah satu tim yang sangat diperhitungkan di EnduroGP 2018. Apalagi pada tahun 2017 ini Gas Gas baru saja mengeluarkan motor Enduro baru EC 250 Racing dan EC 300 Racing model year 2018 yang memiliki perubahan radikal dibandingkan dengan motor generasi sebelumnya. Motor itulah yang akan menjadi andalan Antoine Bassett, Christophe Nambotin, dan Johnny Aubert di EnduroGP tahun depan bersama Gas Gas Enduro Factory Team.

2 comments

Leave a Reply