Melihat Performa Andrew Short, Debutan Husqvarna di Ajang Balap Rally

Baru-baru ini Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing merekrut rider baru, yaitu Andrew Short sebagai rekan tandem bagi Pablo Quintanilla di ajang balap Rally. Short sendiri bukanlah orang baru di ajang balap garuk tanah. Justru dia adalah seorang mantan bintang Supercross dan Motocross di Amerika Serikat. Short sudah memulai karir balap profesional sejak berusia 16 tahun. Dia kemudian secara total mampu mengumpulkan sembilan kali juara dan 49 kali masuk podium sepanjang karirnya di Supercross dan Motocross.

Setelah pensiun dari Supercross dan Motocross, Short berperan sebagai development rider bagi sebuah pabrikan motor. Dia juga sempat menjadi komentator dalam ajang balap Motocross di Amerika Serikat, sekaligus menjadi mentor bagi kalangan generasi muda yang ingin terjun serius di ajang balap motor ini. Pada tahun 2017 ini Short banting stang dengan menekuni olahraga Rally. Sonora Rally 2017 di Meksiko menjadi lokasi debut perdananya. Hasil yang didapatkan tidak terlalu buruk, bahkan sangat baik sebagai pemula di ajang balap Rally. Short mengakhiri Sonora Rally 2017 dengan menempati podium ketiga klasemen akhir. Performa dan pengalaman Short membuat Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing kepincut dan kemudian merekrutnya. Lalu bagaimana performa Short bersama Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing?

Short menjalani debut perdana bersama Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing di OiLibya Rally 2017 yang digelar di Maroko 5-10 Oktober 2017 yang lalu. OiLibya Rally merupakan seri kelima atau terakhir dalam gelaran FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017. Dalam ajang balap Rally yang digelar selama enam hari dengan total Special Stage sejauh 1.870 kilometer dan total jarak seluruhnya 2.612 kilometer itu, performa Short memang belum bisa dibandingkan dengan rider-rider papan atas. Pada sesi Super Special misalnya, Short hanya mampu menempati urutan ke-15. Kemudian pada Stage 1 berada di posisi ke-33, Stage 2 urutan ke-14, Stage 3 posisi ke-17, Stage 4 posisi ke-16, serta Stage 5A ada di posisi ke-12 dan Stage 5B posisi ke-15. Short mengakhiri debutnya di OiLibya Rally bersama Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing di posisi ke-16 klasemen akhir.

Jika dilihat dari hasil race setiap stage sampai dengan klasemen akhir, tidak bisa dipungkiri Short memang belum bisa bersaing dengan rider-rider top, termasuk dengan rekan satu timnya Pablo Quintanilla. Tapi hal ini masih sangat bisa dimaklumi karena Short merupakan pendatang baru di ajang balap Rally. Dia masih butuh banyak penyesuaian, karena walaupun sama-sama balap off road tapi Rally sangat berbeda dengan Motocross atau Supercross. Pertama, balap Rally dilakukan di arena terbuka, umumnya gurun pasir, dengan track yang sangat panjang hingga ratusan kilometer. Beda dengan Motocross/Supercross di tempat tertutup dengan berbagai rintangan yang gamblang dan sudah sagnat terprediksi. Kedua, kemampuan navigasi yang baik sangat diperlukan dalam ajang balap Rally karena mulai dari start sampai dengan finish pada rider ini dipandu oleh road book rumit yang sudah terpasang pada motor. Short masih dalam tahap belajar bernavigasi dan belajar memahami karakter motor Husqvarna FR 450 RALLY, sehingga Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing pun memaklumi hasil yang didapatkan oleh Short di OiLibya Rally 2017. Kemungkinan Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing berharap hasil yang lebih baik ketika Andrew Short turun di Rally Dakar pada Januari 2018 mendatang.

Leave a Reply