Pimpin Klasemen EnduroGP, Holcombe Mengaku Tidak Bisa Rileks

Rider Beta Factory Racing Steve Holcombe berpeluang besar mengunci gelar juara dunia EnduroGP 2017 saat bertarung di seri Jerman akhir pekan ini. Saat ini Holcombe memimpin klasemen sementara EnduroGP 2017 dengan mengumpulkan 300 poin. Dia unggul 40 poin dibandingkan dengan rider yang berada di posisi kedua, yaitu Loic Larrieu (Outsiders Yamaha Official Enduro Team) dengan 260 poin. Padahal EnduroGP 2017 hanya menyisakan dua race di Jerman atau poin maksimal yang bisa diperebutkan oleh para rider adalah 50. Artinya, Holcombe tidak perlu memenangkan dua race tersisa untuk mendapatkan gelar juara EnduroGP 2017. Dia hanya perlu mendapatkan 10-11 poin pada dua race untuk bisa menjadi juara dunia.

Meskipun peluang juara sudah di depan mata, namun Holcombe mengaku tidak bisa rileks dalam menghadapi EnduroGP Jerman 2017. Alasan yang diungkapkan oleh Holcombe cukup masuk akal. Dia pada tahun 2017 ini baru naik kelas dari Enduro 3 langsung ke EnduroGP. Performanya di EnduroGP pada tahun pertama langsung mengesankan yang membuatnya di ambang juara. Oleh karena itu, momen ini menjadi sangat penting buat Holcombe, sehingga dia agak-agak grogi dalam menghadapi EnduroGP Jerman yang menjadi penentu gelar juara dunia EnduroGP yang pertama kali buat dirinya.

“Dengan keunggulan 40 poin, aku tidak bisa memungkiri bahwa aku sudah menggenggamkan satu tangan di kejuaraan ini. Tapi tentu aku tidak bisa rileks dengan posisiku di klasemen. Ini adalah momen yang sangat penting di dalam karirku,” ungkap Holcombe.

Performa Holcombe dalam dua tahun terakhir memang sangat mengesankan. Tahun lalu dia menjuarai kelas Enduro 3. Pada tahun 2017 dia naik kelas ke EnduroGP. Penampilan Holcombe di EnduroGP terlihat sangat matang dan seperti sudah sangat berpengalaman. Padahal dia baru tahun pertama bertarung di kelas para raja. Sepanjang musim 2017, Holcombe sudah mengantongi 11 kali podium dari total 14 kali start. Itu berarti hanya tiga kali Holcombe tidak masuk podium. Satu hal lagi yang tidak kalah penting, dari tiga kali gagal masuk ke podium itu Holcombe tidak pernah keluar dari posisi lima besar!

“Memimpin klasemen merupakan situasi yang aneh. Tapi aku sudah bekerja keras untuk mendapatkannya, sehingga aku hanya menatap ke depan untuk race di Jerman sekarang. Ini akan menjadi event yang ketat di akhir pekan, aku hanya harus fokus mengenai apa yang mesti aku lakukan dan aku akan mencoba menikmatinya,” ujar Holcombe.

Leave a Reply