Kabar Buruk dari Suzuki, Tim Kuning Menyatakan Tidak Ikut MXGP 2018!

Kabar yang sangat mengejutkan datang dari Suzuki Motor Corporation. Berdasarkan press release resmi dari Suzuki Motor Corporation yang dikeluarkan pada 23 Oktober 2017, disebutkan bahwa Suzuki tidak akan ikut ambil bagian dalam kompetisi FIM World MXGP Championship 2018. Selain itu, tim kuning juga menyatakan tidak akan mengikuti kompetisi All Japan Motocross Championship 2017. Apa alasannya?

Dalam rilis itu Suzuki hanya menyebutkan pihaknya menghentikan aktivitas di kompetisi balap MXGP dan All Japan Motocross Championship 2018 karena ingin fokus dalam menggarap fungsi bisnis inti perusahaan dan melakukan restrukturisasi bisnis motor. Meskipun tidak ikut dalam kompetisi MXGP 2018, Suzuki memastikan tetap akan memproduksi motor dengan genre motocross, yaitu RM-Z250 dan RM-Z450 series, serta melanjutkan dukungan purna jual kepada konsumen yang telah membeli kedua varian motor tersebut di berbagai penjuru dunia.

Alasan Suzuki pergi dari MXGP 2018 memang masih belum cukup gamblang. Pasalnya, performa Suzuki di ajang MXGP tidak terlalu buruk. Khusus di kelas MX2, dua rider Suzuki Jeremy Seewer dan Hunter Lawrence justru punya penampilan yang gemilang. Bahkan pada musim 2017 lalu Jeremy Seewer bertarung ketat dengan Pauls Jonass (Red Bull KTM Factory Racing) dalam perebutan gelar juara MX2, sedangkan Hunter Lawrence juga cukup sering berada di podium. Apalagi Suzuki masih memiliki kontrak dengan dua rider, Arminas Jasikonis di kelas MXGP dan Jeremy Seewer di kelas MX2, hingga tahun 2018. Belum jelas bagaimana nasib kedua rider ini jika Suzuki benar-benar hengkang dari MXGP 2018. Satu hal yang menarik, Suzuki masih tetap akan melanjutkan dukungannya di ajang balap AMA Motocross dan Supercross yang berlangsung di Amerika Serikat.

Leave a Reply