Rider KTM Josep Garcia Raih Gelar Juara Enduro 2 – EnduroGP 2017

Race 2 di Jerman pada Minggu (22/10/2017) menjadi penentu gelar juara Enduro 2 – EnduroGP 2017 antara Josep Garcia (Red Bull KTM Factory Racing) dan Jamie McCanney (Outsiders Yamaha Official Enduro Team). Josep Garcia memang lebih diuntungkan karena punya selisih poin di klasemen yang cukup lebar dari Jamie McCanney. Josep Garcia tidak butuh menang, dia hanya perlu mendapatkan hasil bagus, minimal finish kelima di Race 2 Enduro 2 Jerman agar bisa mendaptkan gelar juara Enduro 2 musim 2017. Di sisi lain, untuk menjadi juara Enduro 2 2017, Jamie McCanney tidak hanya butuh kemenangan, tapi juga butuh nasib sial Josep Garcia.

Di tengah kondisi track yang basah dan berlumpur akibat guyuran hujan, Jamie McCanney begitu bersemangat untuk memenangkan Race 2. Hasilnya, Jamie McCanney benar-benar bisa menyelesaikan race di posisi terdepan dengan catatan waktu 59 menit 38,66 detik. Jamie McCanney diikuti dengan sangat ketat oleh saudara kandungnya Daniel McCanney (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) di podium kedua dengan selisih hanya 4 detik. Kemudian podium ketiga ditempati oleh Eero Remes (TM Factory Racing) dan posisi keempat diisi oleh Davide Guarneri (Honda RedMoto Racing).

Josep Garcia sendiri akhirnya hanya finish kelima. Tapi hasil itu sudah cukup untuk mengantarkannya sebagai juara Enduro 2 2017, mengalahkan Jamie McCanney dengan selisih poin yang sangat tipis. Antara Josep Garcia dan Jamie McCanney hanya terpaut enam poin. Josep Garcia mengaku tidak ngotot menggeber motor lantaran secara matematis dia punya keunggulan poin yang cukup banyak dari Jamie McCanney. Bisa dibilang Josep Garcia sengaja cari aman agar tidak mengalami crash maupun kesalahan besar lainnya, yang terpenting mendapatkan gelar juara Enduro 2!

“Aku tidak bisa berkata-kata untuk mendeskripsikan perasaanku menjadi juara. Kemenangan ini aku dedikasikan untuk seluruh anggota tim. Ini adalah hari yang sulit karena hujan turun tadi malam, tapi aku suka kondisi berlumpur. Aku punya keunggulan beberapa poin, sehingga aku tahu bahwa aku tidak butuh kemenangan untuk mengamankan gelar juara. Aku menggeber motor dengan kuat, tapi tanpa mengambil risiko apapun. Ini adalah tahun yang luar biasa,” ungkap Josep Garcia.

Hasil Race 2 Enduro 2 – EnduroGP Jerman 2017:

  1. Jamie McCanney – Outsiders Yamaha Official Enduro Team
  2. Daniel McCanney – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  3. Eero Remes – TM Factory Racing
  4. Davide Guarneri – Honda RedMoto Racing
  5. Josep Garcia – Red Bull KTM Factory Racing
  6. Manuel Monni – TM Factory Racing
  7. Pascal Rauchenecker – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  8. Jonathan Barragan – Gas Gas Factory Team
  9. Thomas Oldrati – BBM Husqvarna Motorcycles Italia
  10. Henric Stigell – Husqvarna

Klasemen Akhir Enduro 2 – EnduroGP 2017:

  1. Josep Garcia – Red Bull KTM Factory Racing (350 Poin)
  2. Jamie McCanney – Outsiders Yamaha Official Enduro Team (344 Poin)
  3. Eero Remes – TM Factory Racing (309 Poin)
  4. Pascal Rauchenecker – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (274 Poin)
  5. Daniel McCanney – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (254 Poin)

Leave a Reply