Indonesia Bakal Gelar Dua Seri MXGP 2018, di Pangkal Pinang & Semarang

Pada tahun 2017 ini untuk pertama kalinya Motocross Grand Prix (MXGP) digelar di Indonesia, tepatnya di Pangkal Pinang, sekaligus menjadikan Indonesia satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menggelar MXGP. Sayangnya, penyelenggaraan MXGP yang pertama di Indonesia itu tidak berjalan mulus. Hujan yang terus mengguyur menjelang sampai dengan hari H MXGP Indonesia 2017 membuat track berantakan. Sirkuit MXGP Indonesia 2017 lebih mirip track untuk balap Enduro daripada balap Motocross karena penuh dengan lumpur. Lalu, apakah Indonesia masih akan menjadi tuan rumah MXGP 2018?

Walaupun gelaran MXGP Indonesia 2017 berjalan kurang mulus, namun kabar baiknya Indonesia masih didaulat sebagai tuan rumah MXGP 2018. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, Indonesia rencananya akan menggelar MXGP 2018 sebanyak dua kali. MXGP Indonesia 2018 yang pertama tetap akan digelar di Pangkal Pinang, sedangkan MXGP Indonesia 2018 yang kedua dihelat di Semarang. Race di Pangkal Pinang dilakukan pada 30 Juni sampai dengan 1 Juli 2018 dan race di Semarang ditetapkan tanggal 7-8 Juli 2018. Artinya, MXGP Pangkal Pinang 2018 dan MXGP Semarang 2018 digelar secara berurutan!

Kepastian mengenai keikutsertaan Indonesia dalam dua seri MXGP 2018 diumumkan oleh A. Judiarto dari Lightning Production selaku promotor lokal yang ditunjuk oleh Youthstream yang menjadi promotor internasional gelaran MXGP. Kepastian itu didapatkan di ajang Motocross of Nations (MXoN) yang dihelat di Inggris beberapa waktu yang lalu. Menurut Judiarto, Youthstream kembali menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah MXGP 2018 karena di negara ini sangat banyak dan begitu antusias.

“Total penonton yang masuk itu kurang lebih 67.000. Antusiasmenya besar. Itu sangat bagus dan masuk top three penonton di seluruh dunia, hanya di bawah Italia dan Perancis. Ini kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Prestasi luar biasa. Dengan dua seri beruntun, mudah-mudahan wisatawan mancanegara bisa tinggal lebih lama di Indonesia. Ini kan mendukung program pariwisata di Indonesia. Kami mau ada demam MXGP selama dua minggu,” tutur Judiarto, dikutip dari detikSport.

Leave a Reply