Saat Sang Juara MXGP 2017 “Cairoli” Menggeber Motor MotoGP KTM RC16

Rider MotoGP menggeber motor Motocross, Enduro, Supermoto, atau Flat Track di sela-sela kesibukannya di ajang balap MotoGP adalah hal yang sangat lumrah. Biasanya mereka memanfaatkan motor Motocross, Enduro, Supermoto, atau Flat Track untuk menjaga stamina atau sekedar melepas penat di akhir pekan bersama dengan rekan-rekan mereka. Tapi apa jadinya kalau rider Motocross Grand Prix (MXGP) menggeber motor MotoGP?

Ya, itulah yang terjadi pada Antonio Cairoli, seorang rider yang sukses merengkuh gelar juara MXGP 2017. Rider yang bernaung di tim Red Bull KTM Factory Racing (MXGP) itu sangat beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk menggeber motor MotoGP KTM RC16 milik tim Red Bull KTM Factory Racing (MotoGP). Kesempatan itu didapatkan oleh Antonio Cairoli pada Oktober 2017 lalu di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Red Bull KTM Factory Racing memberikan kesempatan kepada Cairoli menggeber KTM RC16 sebagai hadiah karena dia telah memberikan gelar juara MXGP 2017 kepada tim asal Austria tersebut, sekaligus menunjukkan rasa kekeluargaan yang sangat erat di tim Red Bull KTM Factory Racing dengan disiplin balap yang berbeda-beda.

Pada kesempatan itu Cairoli menunggangi KTM RC16 dengan livery khas Red Bull KTM Factory Racing. Namun ada satu hal yang cukup menarik, KTM RC16 yang dipakai oleh Cairoli menggunanakan nomor start “222” khas rider asal Italia itu. Walaupun kesempatan yang diberikan hanya sekedar track day, tapi gaya Cairoli dalam menggeber KTM RC16 sudah cukup oke, tidak kalah dengan rider MotoGP tulen. Riding position atau body position Cairoli dalam sebuah foto begitu meyakinkan!

Tidak bisa dipungkiri, Cairoli merupakan rider handal di ajang balap MXGP, bahkan sudah sembilan kali mendapatkan gelar juara dunia, namun dia tetap mendapatkan pengawasan dan pengarahan dari Mika Kallio, test rider Red Bull KTM Factory Racing (MotoGP). Pasalnya, motor Motocross KTM 450 SX-F yang biasa dipakai oleh Cairoli benar-benar berbeda dengan motor MotoGP KTM RC16. Riding position beda banget, power dan torsi juga selisih jauh. KTM 450 SX-F kemungkinan hanya mengeluarkan power sekitar 68-70 HP, sedangkan power KTM RC16 tembus 280 HP atau lebih tinggi empat kali lipat.

Bagaimana soal kecepatan? KTM 450 SX-F dengan mesin 449 cc secara teori bisa menembus kecepatan 198 km/jam. Tapi itu hanya teori yang amat sulit dicapai di track Motocross yang umumnya tidak punya track lurus yang panjang, ditambah dengan gundukan-gundukan untuk jumping yang tinggi. Paling logis KTM 450 SX-F bisa digeber maksimal 120 km/jam di track Motocross, sedangkan di sirkuit aspal KTM RC16 bisa menembus kecepatan di atas 300 km/jam. Jelas angka itu menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan. Jika Cairoli salah saat menggeber KTM RC16, bisa fatal akibatnya. Oleh karena itu, dia perlu pengarahan dari seseorang yang sudah sangat paham dengan KTM RC16.

Lalu, mungkinkah Cairoli pindah dari ajang balap MXGP ke MotoGP? Peluang itu mungkin amat sangat kecil. Red Bull KTM Factory Racing masih membutuhkan jasa Cairoli untuk mendapatkan trophy yang lebih banyak di ajang MXGP. Kemudian Red Bull KTM Factory Racing juga sangat berambisi memiliki prestasi yang bagus di MotoGP. Artinya, Red Bull KTM Factory Racing lebih membutuhkan rider yang berprestasi dan kaya pengalaman di ajang MotoGP daripada memindahkan rider dari dua disiplin balap yang berbeda.

One comment

Leave a Reply