Rider Sherco “Mario Roman” Gemilang di Hari Kedua Hixpania 2017

Kompetisi Hard Enduro Hixpania 2017 digelar di Spanyol pada 3-5 November2017. Race hari pertama, Jumat (3/11/2017), yang disebut sebagai sesi Prologue dengan karakter track mirip seperti track untuk balap SuperEnduro telah berakhir, dan rider Red Bull KTM Factory Racing Jonny Walker sukses menjadi yang tercepat, disusul oleh Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) kedua, dan Alfredo Gomez (Red Bull KTM Factory Racing) keempat. Bagaimana dengan race hari kedua?

Pada race hari kedua, Sabtu (4/11/2017) yang disebut sebagai Campoo Xtreme, para rider harus mengitari jalur sepanjang 48 km di sekitar Danau Aguilar sebanyak tiga kali. Jadi bisa dikatakan Campoo Xtreme diperlombakan sebanyak tiga lap dengan jarak tempuh total nyaris 150 km yang mengombinasikan seksi technical riding dan fast riding. Race dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat dengan seksi awal menyerupai track motocross. Juara Hixpania 2016 Alfredo Gomez langsung mendapatkan holeshot di awal lomba, tapi kemudian sepasang rider Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Graham Jarvis dan Billy Bolt memimpin di seksi yang sulit di pinggiran danau.

Persaingan dalam memperebutkan posisi pertama pada race Hixpania hari kedua amat sangat ketat. Para rider silih berganti mengambil alih posisi. Bahkan rider Beta Factory Racing Pol Tarres, rider Sherco Factory Racing Team Mario Roman, hingga Jonny Walker secara bergantian sempat mencicipi menjadi yang terdepan. Pada akhirnya lomba hari kedua dimenangkan oleh Mario Roman, disusul oleh Jonny Walker kedua, dan Alfredo Gomez ketiga.

“Aku sangat senang dengan performaku hari ini. Ketika aku memimpin, aku mulai menggeber motorku dengan maksimal dan pada akhir lap kedua aku punya jarak yang bagus dengan Jonny dan Alfredo. Aku terus menggeber dengan keras selama lap ketiga dan aku mampu kabur dengan mendapatkan kemenangan. Aku menanti race besok, itu akan menjadi race yang sangat berbeda, tapi aku akan melakukan yang terbaik dan aku harap bisa mendapatkan gelar juara (Hixpania 2017),” ungkap Mario Roman, dikutip dari Enduro21.com.

Jonny Walker yang berada di posisi kedua hari kedua mengakui Mario Roman sangat kencang dan tidak bisa dikejar terutama pada lap terakhir. Meskipun demikian, penunggang motor enduro 2-stroke KTM 300 EXC ini senang dengan hasil yang didapatkannya, baik itu pada hari pertama maupun hari kedua, karena saat ini Jonny Walker memimpin klasemen sementara bersama dengan Mario Roman di posisi kedua. Menurut Jonny Walker, penentuan gelar juara akan berlangsung pada hari ketiga.

“Hari ini jadi milik Mario. Dia tidak dapat dibendung pada lap terakhir. Dengan kemenanganku kemarin di Prologue dan posisi kedua pada hari ini, aku memimpin klasemen sementara bersama dengan Mario, jadi penentuannya adalah besok,” kata Jonny Walker.

Sementara itu, rekan satu tim Jonny Walker di Red Bull KTM Factory Racing Alfredo Gomez sebenarnya masuk ke hutan paling awal dibandingkan dengan rider-rider lainnya. Akan tetapi, Alfredo Gomez melakukan kesalahan pada akhir lap ketiga sehingga pada akhir race hanya berhasil mendapatkan posisi ketiga. Peluang Alfredo Gomez mempertahankan gelar juara semakin berat, meskipun bukan mustahil dia bisa tampil cemerlang pada race hari ketiga.

“Aku melakukan start dengan bagus dan aku menjadi yang pertama masuk ke hutan. Akan tetapi race berlangsung sangat cepat dan membuat kesalahan sama sekali tidak diperbolehkan. Aku melakukan kesalahan sekitar akhir lap pertama. Aku mencoba menggeber motor dengan keras untuk mendapatkan kembali posisi terdepan, namun karena ini speed race aku gagal melakukannya,” tutur Alfredo Gomez.

Pada hari Minggu (5/11/2017) merupakan race hari terakhir Hixpania 2017 yang disebut dengan Camino Perdido. Race pada hari ketiga ini bakal melewati track yang sangat sulit, bahkan ekstrem, dalam waktu sekitar 2,5 jam. Siapakah yang bakal mendapatkan gelar juara Hixpania 2017? Mario Roman, Jonny Walker, atau Alfredo Gomez?

Hasil Race Hari Kedua (Campo Xtreme) Hixpania 2017:

  1. Mario Roman – Sherco Factory Racing Team
  2. Jonny Walker – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Alfredo Gomez – Red Bull KTM Factory Racing
  4. Graham Jarvis – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  5. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  6. Pol Tarres – Beta Factory Racing
  7. Sonny Goggia
  8. Lars Enockl – KTM le19.at

Leave a Reply