Monster Energy Honda Team Berambisi Besar Menangkan Rally Dakar 2018

Monster Energy Honda Team, divisi balap Rally yang dimiliki oleh Honda Racing Corporation (HRC), baru-baru ini mengadakan event dengan tajuk “Dakar Day”. Event yang digelar pada 9 November 2017 di Honda Security Institute yang terletak di dalam area pabrik Honda Motor Europe – Spanyol itu merupakan ajang silaturahim antara Monster Energy Honda Team dengan para media. Di sana Monster Energy Honda Team mempresentasikan mengenai persiapan mereka dalam menghadapi Rally Dakar 2018, termasuk dengan memamerkan motor Honda CRF450 RALLY terbaru yang akan digunakan di ajang balap Rally paling ekstrem di dunia tersebut.

Dakar Day dihadiri oleh seluruh rider Monster Energy Honda Team yang berjumlah lima orang, meliputi Joan Barreda, Kevin Benavides, Paulo Goncalves, Ricky Brabec, dan Michael Metge. Selain itu, konferensi pers juga dihadiri oleh General Manager & Director Honda Racing Corporation Tetsuhiro Kuwata dan Manager Monster Energy Honda Team Raul Castells. Dalam kesempatan itu Tetsuhiro Kuwata berharap agar para rider pulang dari Amerika Selatan (lokasi Rally Dakar 2018) dengan membawa hasil yang bagus. Bahkan jika memungkinkan bisa mendapatkan gelar juara Rally Dakar 2018.

Raul Castells selaku Manager Monster Energy Honda Team mengatakan bahwa sepanjang musim 2017 tim ini sudah berhasil membukukan hasil yang fantastis. Monster Energy Honda Team secara total mengumpulkan enam kemenangan dalam berbagai ajang balap Rally yang diikuti pada tahun 2017. Tidak hanya itu, salah satu rider Monster Energy Honda Team Kevin Benavides juga mampu mendapatkan posisi runner-up klasemen akhir dalam ajang FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017.

“Ini telah menjadi musim yang sangat bagus, kami mendapatkan hasil yang luar biasa, enam kemenangan dalam race yang berbeda yang telah kami ikuti tahun ini, dan akhirnya mendapatkan posisi kedua pada kejuaran dunia (FIM Cross-Country Rallies World Championship) untuk Kevin, itu membuat kami sangat senang dan sangat bangga. Rencana pada tahun ini adalah berkompetisi sebanyak mungkin di berbagai ajang balap sehingga para rider bisa mendapatkan kilometer yang lebih banyak, sebagai persiapan yang baik dalam menghadapi Dakar karena kami kemungkinan bisa mendapatkan kemenangan,” kata Raul Castells dalam rilis yang dikirimkan oleh Monster Energy Honda Team kepada Goracing.id.

Pada tahun-tahun sebelumnya, di ajang balap Rally, termasuk Rally Dakar, Honda hanya memiliki tim privater yang ditangani oleh Speedbrain, meskipun tetap mendapatkan dukungan dari HRC. Namun sejak tahun 2017 ini HRC turun langsung menangani tim balap Rally dari Honda. HRC menandatangani kesepakatan kerja sama sponsorship dengan Monster Energy sehingga nama tim balap ini menjadi Monster Energy Honda Team. Di tangan HRC, Monster Energy Honda Team semakin matang dan kerap mendobrak dominasi Red Bull KTM Factory Racing di berbagai ajang balap Rally dunia. Rally Dakar 2017 lalu menjadi bukti ketangguhan Honda. Honda nyaris menang, walaupun akhirnya harus menyerah dari Sam Sunderland (Red Bull KTM Factory Racing). Di FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017, Honda pun cukup merepotkan KTM. Kevin Benavides akhirnya menempati posisi kedua klasemen akhir. Kevin kalah dari Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) yang sukses menggenggam gelar juara.

Untuk Rally Dakar 2018 mendatang, Honda masih punya ambisi yang sangat kuat untuk menumbangkan dominasi KTM. Maklum saja, KTM sudah menjadi juara Rally Dakar secara berturut-turut selama belasan tahun terakhir. Sebenarnya tidak hanya Rally Dakar, tapi nyaris di semua balap off road (EnduroGP, Hard Enduro, Motocross, Rally) KTM sangat dominan. Honda yang sudah menjadi salah satu raja di segmen balap aspal berupaya mengusik dominasi KTM di segmen balap off road ini. Mampukah Honda menjadi juara Rally Dakar 2018 menumbangkan KTM?

Leave a Reply