Husqvarna Terjunkan Pablo Quintanilla & Andrew Short di Rally Dakar 2018

Tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing dipastikan menerjunkan dua orang rider di ajang balap Rally Dakar 2018 pada bulan Januari mendatang. Dua orang rider itu adalah Pablo Quintanilla dan Andrew Short. Mereka akan menggeber motor all-new Husqvarna FR 450 RALLY model year 2018. Mampukah mereka menjuarai Rally Dakar 2018?

Sejak dibeli oleh KTM dari tangan BMW, Husqvarna menjalani debut di Rally Dakar mulai tahun 2016. Saat itu Husqvarna mengandalkan satu orang rider, yaitu Pablo Quintanilla. Pada tahun perdana itu prestasi Husqvarna bersama dengan Quintanilla bisa dibilang sangat bagus karena mampu bertarung di papan atas. Pada tahun 2016 itu pula Pablo Quintanilla menjuarai FIM Cross-Country Rallies World Championship.

Beranjak ke tahun 2017, Husqvarna menerjunkan dua orang rider di Rally Dakar. Satu tempat tetap diisi oleh Pablo Quintanilla, sedangkan satu kursi lagi ditempati oleh Pela Renet. Lagi-lagi Husqvarna sanggup bertarung di papan atas, dan pada akhir musim 2017 Pablo Quintanilla kembali mendapatkan gelar juara FIM Cross-Country Rallies World Championship. Itu sudah lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa Husqvarna sangat kompetitif di ajang balap rally dunia.

Untuk Rally Dakar 2018 mendatang Pablo Quintanilla akan berduet dengan rider yang baru direkrut oleh Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, Andrew Short. Di sisi lain Pela Renet kemungkinan besar tidak bisa tampil di Rally Dakar 2018. Alasannya, Pela Renet masih dalam proses penyembuhan cidera setelah menjalani operasi di bagian leher dan bahu kiri. Andrew Short diharapkan bisa menjadi pengganti yang tepat bagi Pela Renet.

Pablo Quintanilla sendiri mengaku sangat siap menghadapi Rally Dakar 2018. Dia sangat termotivasi untuk mendapatkan gelar juara di kompetisi itu setelah membukukan gelar juara FIM Cross-Country Rallies World Championship dua tahun berturut-turut (2016-2017). Apalagi Quintanilla akan menggeber motor Husqvarna FR 450 RALLY terbaru.

“Ini adalah musim yang sangat bagus buatku, aku sangat termotivasi untuk melakukan yang terbaik pada ajang balap rally terbesar (2018). Kami semua bekerja keras untuk meningkatkan seluruh aspek dan aku sangat percaya diri dengan timku maupun kemampuanku. Kunci dari balap ini (Rally Dakar) buatku adalah tahu kapan saat menggeber dengan kuat dan kapan harus mengendarai motor dengan hati-hati. Kami juga telah membuat langkah besar dengan FR 450 RALLY terbaru. Update dari motor ini membuat bobotnya jauh lebih ringan, lebih mudah dikendarai, dan memberikan feeling yang impresif atau tingkat keamanan yang lebih baik ketika dalam kondisi kecepatan tinggi. Kami telah bekerja keras untuk mengembangkan mesin ini selama dua tahun dan aku sangat puas dengan hasilnya,” ujar Quintanilla dalam rilis yang dikirimkan oleh Husqvarna Motorcycles kepada Goracing.id.

Sementara itu, Andrew Short mengatakan dia sangat bergairah ikut tampil di Rally Dakar untuk pertama kalinya. Andrew Short tidak memasang target khusus di Rally Dakar 2018. Bahkan dia tidak terpikir bisa bertarung dengan para rider-rider unggulan. Bagi Andrew Short, yang terpenting adalah tidak melakukan kesalahan dan bisa meningkatkan skill bernavigasi.

“Untuk Dakar pertamaku di bulan Januari, target utamanya adalah menghindari kesalahan dan terus meningkatkan kemampuan navigasiku. Setelah itu aku ingin melangkah sedikit lebih maju dan mendapatkan hasil lebih baik dengan target meningkatkan kecepatanku dan menyelesaikan Dakar pertamaku tanpa masalah apapun,” kata Andrew Short.

Leave a Reply