Sherco TVS Rally Factory Team Tampil di Rally Dakar 2018 dengan Tiga Rider

Tim kolaborasi India – Perancis, Sherco TVS Rally Factory Team, bisa dipastikan akan tampil di ajang balap Rally Dakar 2018 yang digelar pada 6-20 Januari 2018 di Amerika Selatan. Pada ajang balap Rally paling bergengsi di dunia itu Sherco TVS Rally Factory Team menerjunkan tiga orang rider. Siapa saja mereka?

Disebutkan dalam fans page resmi Sherco Racing, Sherco TVS Rally Factory Team melakukan peluncuran secara resmi tim yang berlaga di Rally Dakar 2018 dengan lokasi di India. Paling tidak ada andil yang cukup besar dari TVS sehingga peluncuran tim dilakukan di Negeri Bollywood. Dalam kesempatan itu Sherco TVS Rally Factory Team mengumumkan tiga rider mereka yang berlaga di Rally Dakar 2018 antara lain Joan Pedrero Garcia, Adrien Metge, dan Aravind KP.

Sosok Joan Pedrero Garcia dan Adrien Metge bukanlah orang baru di Sherco TVS Rally Factory Team. Mereka sudah memperkuat Sherco TVS Rally Factory Team sejak beberapa tahun terakhir dan punya andil besar terhadap prestasi tim ini di ajang balap Rally. Sementara itu, Aravind KP yang notabene berasal dari India menjadi rider baru dalam tubuh Sherco TVS Rally Factory Team. Ketiga rider ini akan dipersenjatai dengan motor Sherco RTR 450 Rally terbaru model year 2018 yang secara intens dikembangkan oleh Joan Pedrero Garcia dan Adrien Metge.

Pada beberapa tahun terakhir ini, kiprah Sherco TVS Rally Factory Team bisa dibilang cukup menjanjikan. Baik Joan Pedrero Garcia maupun Adrien Metge seringkali menyodok di posisi 10 besar, bahkan tidak jarang bertarung di barisan depan dalam sebuah stage. Tapi tim ini memang belum berhasil menjuarai Rally Dakar yang sangat didominasi oleh KTM. Mungkinkah tahun 2018 jadi momen Sherco TVS Rally Factory Team menggenggam gelar juara Rally Dakar? Sayangnya salah satu rider andalan Sherco TVS Rally Factory Team Joan Pedrero hanya memasang target finish di posisi 10 besar klasemen akhir.

“Dakar merupakan tantangan tertinggi bagi seluruh rider, dan meskipun aku telah menjadi bagian dari Dakar selama bertahun-tahun, aku selalu menantikan berkompetisi di event ini. Aku senang karena tim ini kembali mempercayai dan memilihku sebagai anggota tim mereka di Dakar 2018. Sebagai pembalap senior, aku merasa bertanggung jawab tidak hanya memberikan hasil terbaik pada Rally, tapi juga bekerja bersama-sama dengan tim dalam hal strategi balap. Performaku baru-baru ini telah memberikanku kepercayaan diri untuk finish 10 besar,” kata Joan Pedrero.

Rally Dakar 2018 diselenggarakan selama kurang lebih dua minggu dengan melintasi tiga negara, yaitu Peru, Bolivia, dan Argentina. Jarak total yang harus ditempuh oleh rider sejauh lebih dari 9.000 kilometer. Sherco TVS Rally Factory Team sendiri merupakan buah kerja sama antara TVS Racing, divisi balap dari TVS Motor Company, dengan Sherco Motorcycles. Sherco adalah produsen motor off road terbesar ketiga di Eropa setelah KTM dan Husqvarna dengan kantor pusat di Nimes – Perancis. Sherco memiliki dua cabang atau anak perusahaan, di mana pabrik yang memproduksi motor trial berada di Spanyol, sedangkan pabrik motor enduro/off road berada di Perancis. Kerja sama antara Sherco dan TVS dalam ajang balap Rally telah berlangsung selama dua tahun.

Leave a Reply