Tinggalkan Balap Motocross, Andrew Short Kini Kencanduan Balap Rally

Andrew Short merupakan mantan pembalap papan atas di kompetisi Motocross dan Supercross Amerika Serikat. Pasca pensiun dari ajang balap Motocross dan Supercross, Andrew Short sangat menikmati berlaga di ajang balap Rally. Lebih beruntung lagi, belum lama ini Andrew Short direkrut oleh tim papan atas Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, dan pada Januari 2018 nanti akan menjalani debut perdana di ajang balap Rally Dakar.

Di Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, Andrew Short bakal bertandem dengan Pablo Quintanilla ketika terjun di Rally Dakar 2018, sementara satu orang rider Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing lainnya Pela Renet masih dalam proses penyembuhan dari cidera. Andrew Short mengaku sangat bergairah dalam menghadapi Rally Dakar perdananya pada Januari 2018 mendatang.

“Aku sangat bergairah dalam menghadapi Dakar pertamaku. Tim memberikanku kesempatan yang luar biasa untuk langkah ke depan dalam karirku dan aku tidak cukup mengucapkan terima kasih untuk hal itu,” kata Andrew Short.

Menurut Andrew Short, balap Rally benar-benar berbeda dibandingkan dengan balap Motocross dan Supercross, meskipun semuanya sama-sama menggunakan dirt bike. Dia menuturkan, dalam balap Rally para rider harus punya kemampuan membaca peta navigasi (road book) dengan baik, kondisi medan yang tidak bisa diprediksi, dan yang namanya balapan harus bisa kencang! Namun hal inilah yang membuat Andrew Short kini kencanduan dan sangat tergila-gila dengan balap Rally.

“Ini adalah feel yang bagus dan membuatku kecanduan sekarang. Kamu berada di sebuah zona sepanjang waktu. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di tikungan berikutnya, jadi seluruh pengalaman itu berubah menjadi satu petualangan yang besar. Rally Maroko menjadi pembelajaran besar buatku dan sejak saat itu aku tidak pernah berhenti bekerja. Kami juga telah melakukan pengetesan dan berlatih navigasi dengan Pablo (Quintanilla) dan itu luar biasa. Untuk Dakar pertamaku di bulan Januari nanti, target utamanya adalah menghindari kesalahan dan terus meningkatkan skill-ku dalam bidang navigasi,” kata dia.

Mengerti posisinya sebagai pembalap anyar dan minim pengalaman dalam ajang balap Rally, Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing tidak memberikan beban maupun target khusus kepada Andrew Short di Rally Dakar 2018. Bagi Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing yang terpenting Andrew Short bisa banyak belajar dan meningkatkan kecepatannya di Rally Dakar nanti. Tumpuan utama Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing jelas ada pada sang juara dunia FIM Cross-Country Rallies World Championship 2016 & 2017 Pablo Quintanilla. Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing tentu ingin Quintanilla berada di papan atas, bahkan mendapatkan gelar juara Rally Dakar 2018.

Leave a Reply