Empat Rider Yamalube Yamaha Official Rally Team Siap Tempur di Dakar 2018

Honda (Monster Energy Honda Team) secara official telah mengumumkan lima orang rider yang berlaga di Rally Dakar 2018, antara lain Joan Barreda, Paulo Goncalves, Michael Metge, Ricky Brabec, dan Kevin Benavides. Husqvarna (Rockstar Energy Husqvarna Rally Factory Racing) turun dengan dua orang rider, Pablo Quintanilla dan Andrew Short. KTM bakal tampil dengan enam rider, yaitu Sam Sunderland, Matthias Walkner, Toby Price, dan Antoine Meo yang bernaung di tim Red Bull KTM Rally Factory Racing serta Laia Sanz dan Luciano Benavides di tim KTM Rally Factory Racing. Berikutnya ada Sherco (Sherco TVS Rally Factory Team) yang mengandalkan tiga rider meliputi Joan Pedrero, Adrien Metge, dan Aravind KP. Bagaimana dengan Yamaha?

Di Rally Dakar 2018, Yamaha secara resmi turun dengan mengusung nama Yamalube Yamaha Official Rally Team. Tim ini rencananya akan bertarung di Rally Dakar 2018 mengandalkan jasa empat orang rider yang komposisinya agak berbeda dengan Rally Dakar 2017. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Yamaha Racing, dua rider lawas Adrien van Beveren dan Rodney Faggotter masih akan memperkuat Yamalube Yamaha Official Rally Team. Kedua rider itu didampingi oleh dua rider baru yang masih muda dan potensial. Mereka adalah Xavier de Soultrait dan Franco Caimi.

Adrien van Beveren tentu saja akan menjadi tulang punggung utama bagi Yamalube Yamaha Official Rally Team dalam mendapatkan prestasi mentereng di Rally Dakar 2018. Adrien van Beveren sangat mungkin bertarung dalam barisan terdepan pada setiap stage. Walaupun menjadi rider baru di Yamalube Yamaha Official Rally Team, namun kemampuan Xavier de Soultrait dan Franco Caimi tidak boleh dianggap remeh. Bukan tidak mungkin mereka berdua bisa menghiasai posisi 10 besar di Rally Dakar 2018 nanti. Sementara itu bagi Rodney Faggotter yang sudah senior dan kaya pengalaman bisa memberikan berbagai macam inputan mengenai pengembangan motor Yamaha WR450F Rally ke depan.

“Dengan edisi ke-40 Rally Dakar digelar pada Januari 2018, empat rider Yamalube Yamaha Official Rally Team siap menghadapi petualangan panjang selama dua minggu di Amerika Selatan, (mereka) ditargetkan membawa Yamaha ke posisi puncak,” ungkap Yamalube Yamaha Official Rally Team.

Adrien van Beveren, Rodney Faggotter, Xavier de Soultrait, dan Franco Caimi akan dipimpin oleh direktur tim Alexandre Kowalski, manajer tim Jose Leloir, dan manajer olahraga Jordi Arcarons. Mereka juga akan didampingi oleh kepala mekanik yang sudah sangat pengalaman dalam menangani motor Yamaha WR450F Rally di ajang balap Rally, Guillaume Davion. Mungkin Yamalube Yamaha Official Rally Team kurang diunggulkan dalam perebutan gelar juara Rally Dakar 2018 dibandingkan dengan Red Bull KTM Rally Factory Racing atau Monster Energy Honda Team. Tapi paling tidak Yamalube Yamaha Official Rally Team masih berpeluang besar meramaikan posisi top ten atau malah top five di akhir kompetisi nanti.

Leave a Reply