Adrien van Beveren: Aku Cukup Kuat untuk Memenangkan Rally Dakar 2018

Yamalube Yamaha Official Rally Team sudah mengumumkan rencana bakal menerjunkan empat orang rider di ajang balap Rally Dakar 2018. Keempat rider itu antara lain Adrien van Beveren, Rodney Faggotter, Xavier de Soultrait, dan Franco Caimi. Dari keempat rider itu, tentu saja Adrien van Beveren yang menjadi salah satu tumpuan Yamalube Yamaha Official Rally Team untuk mendapatkan prestasi bagus di Rally Dakar 2018. Maklum, pada gelaran Rally Dakar 2017 lalu Adrien van Beveren seringkali bertarung di barisan terdepan pada sejumlah stage dan mengakhiri kompetisi di posisi keempat. Posisi itu adalah yang terbaik dari seluruh rider Yamaha.

Pada Rally Dakar 2018 Januari nanti, Yamalube Yamaha Official Rally Team memasang target bisa mendapatkan podium di akhir kompetisi. Namun target berbeda diusung oleh Adrien van Beveren. Pria asal Perancis berusia 26 tahun itu justru berharap bisa mendapatkan gelar juara Rally Dakar 2018. Alasannya, kondisi fisik Adrien van Beveren saat ini siap 100 persen dalam menghadapi Rally Dakar 2018. Itu belum termasuk berbagai program latihan yang dijalani oleh Adrien van Beveren berjalan dengan sangat baik.

“Aku sangat gembira dengan kondisi yang ada saat ini. Latihan dan persiapanku telah berjalan dengan sangat baik dan aku tidak pernah merasa sekuat sekarang. Aku telah banyak berkendara dengan motor dalam beberapa bulan terakhir, bersamaan dengan program latihan fisik yang intensif. Aku tidak akan berhenti dan terus berlatih sampai dengan momen aku berada di dalam pesawat menuju Peru. Aku senang tidak memiliki masalah dan 100 persen sehat. Aku juga senang bisa menghabiskan banyak waktu berlatih dengan motor Rally,” ungkap Adrien van Beveren.

Menurut Adrien van Beveren, kompetisi Rally Dakar yang berlangsung selama dua minggu sangatlah berat. Apalagi rute-rute yang dilewati juga sangat panjang dan sulit. Otomatis waktu berisitrahat bagi rider menjadi sangat minim. Namun dia mengaku akan tetap berusaha menggeber motor sekuat mungkin dan terus konsisten mencatatkan waktu terbaik. Kalaupun gagal mendapatkan gelar juara Rally Dakar 2018, Adrien van Beveren ingin finish di posisi yang lebih baik daripada tahun 2017.

“Aku telah sembuh dari cideraku sehingga secara mental lebih kuat dan sekarang aku yakin bahwa aku cukup kuat untuk memenangkan Dakar. Ini mungkin baru tahun ketiga (aku mengikuti Dakar) tapi jika semuanya berjalan lancar aku tahu bisa membawa kemenangan ke rumah,” kata dia.

Rally Dakar 2018 sendiri akan dimulai pada 6 Januari 2018 dan berakhir pada 20 Januari 2018. Selama dua minggu itu para rider harus menempuh rute lebih dari 9.000 km, terdiri dari sekitar 4.500 km special stage (SS) dan sekitar 4.500 km lagi dalam menempuh jalur penghubung (liaison) yang melintasi tiga negara, yaitu Peru, Bolivia, dan Argentina. Rencananya Adrien van Beveren bersama dengan ketiga rider lain yang bernaung di Yamalube Yamaha Official Rally Team akan menggeber motor Yamaha WR450F Rally terbaru yang lebih ringan, lincah, dan powerful lengkap dengan livery Yamaha Tenere 700 World Raid. Mampukah Adrien van Beveren bertarung di barisan terdepan?

Leave a Reply