Taddy Blazusiak Menangi Race Perdana SuperEnduro 2018 di Polandia

The King of SuperEnduro, Taddy Blazusiak, yang sudah menjuarai kompetisi FIM SuperEnduro World Championship sebanyak enam kali, setahun lalu menyatakan pensiun dari kompetisi ini. Akan tetapi, rayuan dan godaan dari Red Bull KTM Factory Racing membuat Taddy luluh. Dia akhirnya kembali mengikuti kompetisi SuperEnduro pada musim 2018, tetap dengan tim lamanya Red Bull KTM Factory Racing. Hebatnya lagi, pada laga seri perdana SuperEnduro 2018 di Krakow – Polandia akhir pekan kemarin, Sabtu (9/12/2017), Taddy langsung mendapatkan podium pertama!

Pada laga perdana kemarin Taddy harus bersaing ketat dengan rider-rider top lainnya. Mulai dari dua orang rekan setim di Red Bull KTM Factory Racing Cody Webb dan Jonny Walker; trio Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing yang terdiri dari Colton Haaker, Alfredo Gomez, dan Billy Bolt; kemudian Manuel Lettenbichler (KTM); Danniel McCanney (Gas Gas Enduro Factory Team); hingga Alex Salvini (Beta Factory Racing).

SuperEnduro Polandia 2018 itu dilombakan sebanyak tiga race ditambah dengan satu sesi Superpole di awal lomba. Sesi Superpole dimenangkan oleh juara SuperEnduro dua kali, Colton Haaker, sedangkan Taddy harus puas berada di posisi kedua, disusul oleh Jonny Walker ketiga, Alfredo Gomez keempat, dan Manuel Lettenbichler kelima.

Berlanjut pada Race 1, giliran Cody Webb yang mampu menempati posisi pertama, diikuti oleh Taddy Blazusiak kedua, dan Alfredo Gomez ketiga. Konsistensi Taddy masih terjaga di Race 2 dan Race 3, di mana pada dua sesi tersebut Taddy lagi-lagi menempati posisi kedua. Score 2-2-2 mulai dari Race 1 sampai dengan Race 3 sudah cukup untuk mengantarkan Taddy menempati podium pertama pada laga perdana SuperEnduro 2018 di kampung halamannya sendiri. Melihat hasil ini, Taddy Blazusiak masih pantas mendapatkan gelar The King of SuperEnduro!

“Luar biasa, aku tidak memperkirakan hasil ini. Tentu saja aku ingin melakukan yang terbaik tapi aku selalu berpikir naik ke puncak podium akan menjadi pertanyaan besar. Menang di kandang sendiri tentu menakjubkan. Tapi ini juga aneh, aku tidak memperkirakan bisa menang. Aku senang bisa kembali membalap dan jika itu terjadi (menang) ya hebat,” ungkap Taddy.

Sementara itu, Cody Webb yang mendapatkan dua kemenangan dalam tiga race justru hanya mampu bertengger di podium kedua SuperEnduro Polandia 2018. Permasalahannya adalah Cody Webb tampil buruk pada Race 2 yang membuatnya tercecer di posisi kelima. Akan tetapi hasil yang didapatkan oleh juara AMA EnduroCross Championship 2017 ini membuktikan kalau dia mampu kompetitif di SuperEnduro. Cody Webb bisa memperbaiki prestasinya di SuperEnduro Jerman pada Januari 2018 mendatang.

“Mendapatkan dua kemenangan dari tiga race tentu tidak buruk, tapi malam ini adalah malamnya Taddy. Race 2 mengacaukanku, karena aku melakukan beberapa kesalahan pada Race 1 meskipun akhirnya menang, tapi posisi kelima di Race 2 memberikan kerugian besar,” kata Cody Webb.

Rider lain yang tampil impresif di SuperEnduro Polandia 2018 adalah Billy Bolt. Pada musim ini Billy Bolt untuk pertama kalinya mengikuti SuperEnduro. Dia mampu menempati posisi kelima Race 1, posisi pertama Race 2, dan posisi keempat Race 3 sehingga membuat Billy Bolt bertengger di podium ketiga SuperEnduro Polandia 2018.

“Aku benar-benar tidak memperkirakan hasil malam ini. Aku belum pernah membalap indoor sebelumnya, melawan rider-rider ini, mendapatkan podium itu seperti menerjang tanjakan tinggi. Berhasil menang Race 2 juga jadi kejutan,” ujar Billy Bolt.

Sekedar informasi, SuperEnduro merupakan kompetisi balap Enduro di dalam ruangan (indoor) yang lintasannya sudah diberi berbagai macam rintangan, mulai dari balok kayu, ban bekas, hingga bebatuan besar yang ditata di tengah track. Kompetisi SuperEnduro cenderung mirip dengan EnduroCross di Amerika Serikat. Tidak heran kalau jagoan-jagoan EnduroCross seperti Cody Webb dan Colton Haaker bisa menyesuaikan diri dengan cepat ketika terjun di SuperEnduro. Untuk musim 2018 ini, SuperEnduro digelar sebanyak lima seri, yaitu di Polandia, Jerman, dua kali di Spanyol, dan terakhir di Swedia.

Hasil Superpole SuperEnduro Polandia 2018:

  1. Colton Haaker – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  2. Taddy Blazusiak – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Jonny Walker – Red Bull KTM Factory Racing
  4. Alfredo Gomez – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  5. Manuel Lettenbichler – KTM

Hasil Race 1 SuperEnduro Polandia 2018:

  1. Cody Webb – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Taddy Blazusiak – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Alfredo Gomez – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  4. Manuel Lettenbichler – KTM
  5. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing

Hasil Race 2 SuperEnduro Polandia 2018:

  1. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  2. Taddy Blazusiak – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Manuel Lettenbichler – KTM
  4. Daniel McCanney – Gas Gas Factory
  5. Cody Webb – Red Bull KTM Factory Racing

Hasil Race 3 SuperEnduro Polandia 2018:

  1. Cody Webb – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Taddy Blazusiak – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Colton Haaker – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  4. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  5. Jonny Walker – Red Bull KTM Factory Racing

Hasil Akhir SuperEnduro Polandia 2018:

  1. Taddy Blazusiak – Red Bull KTM Factory Racing (53 poin)
  2. Cody Webb – Red Bull KTM Factory Racing (51 poin)
  3. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (44 poin)
  4. Manuel Lettenbichler – KTM (37 poin)
  5. Alfredo Gomez – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (32 poin)
  6. Colton Haaker – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (32 poin)

Leave a Reply