Team HRC MXGP Perpanjang Kontrak Tim Gajser Hingga 2020

Team HRC (Honda Racing Corporation) sepertinya sangat sadar bahwa Tim Gajser adalah aset yang sangat berharga di ajang balap FIM Motocross World Championship (MXGP). Oleh karena itu, rider yang membawa Honda juara MXGP 2016 ini diperpanjang kontraknya selama dua tahun. Artinya, Tim Gajser masih akan berada di bawah naungan Team HRC hingga tahun 2020!

Dalam rilis yang dikirimkan oleh Team HRC kepada Goracing.id disebutkan bahwa Tim Gajser pertama kali bergabung dengan Honda pada 2014. Saat itu Gajser turun di kelas MX2 (250 cc) bersama dengan tim Honda Gariboldi dan dikontrak secara mandiri oleh tim Honda Gariboldi (Italia). Performa Gajser pada tahun pertama ini langsung terlihat mentereng dengan sukses mendapatkan enam podium dalam satu musim. Penampilan impresif Gajser membuat HRC kepincut. Pada 2015, HRC kemudian memberikan kontrak langsung kepada Gajser untuk tetap membalap di kelas MX2. Apalagi pada tahun tersebut HRC memutuskan untuk memberi dukungan penuh kepada tim Gariboldi di kancah MXGP. Tawaran itu tidak disia-siakan oleh Gajser. Dia pun membuktikan kemampuannya dengan menjuarai kelas MX2 pada tahun 2015 tersebut.

Pada 2016, Team HRC yang berada di bawah komando Gariboldi membawa Gajser naik kelas ke MXGP. Di kelas para raja ini Gajser masih menunjukkan taringnya. Tidak tanggung-tanggung, Gajser langsung mendapatkan gelar juara dunia MXGP pada debut perdana. Nama Gajser pun tercatat di dalam sejarah sebagai pembalap Honda yang mampu mendapatkan gelar juara dunia pada dua kelas yang berbeda secara berurutan.

“Aku sangat gembira akan kembali berlaga di MXGP untuk dua tahun ke depan. Kami punya bisnis yang belum selesai sejak tahun ini dan aku ingin mendapatkan gelar juara dunia lagi, sehingga kami akan terus bertarung dengan gelar juara sebagai prioritas. HRC telah bekerja keras mengembangkan motor dan ada sejumlah perubahan yang mereka lakukan yang tentunya sangat bagus, oleh karena itu aku sangat menanti tantangan tahun depan dan aku pikir kami punya paket yang kuat untuk bertarung meperebutkan gelar juara dunia,” ungkap Gajser.

Sejak mendapatkan gelar juara MXGP 2016, Gajser memang sangat diperhitungkan sebagai salah satu kandidat kuat dalam perebutan gelar juara dunia. Pada MXGP 2017 lalu pun performa Gajser sangat menjanjikan di awal-awal musim. Sayangnya, kinerja yang bagus di awal itu tidak diimbangi dengan hasil bagus pada paruh kedua musim. Performa Gajser tidak konsisten, naik turun seperti roller coaster, yang membuat dia gagal mempertahankan gelar juara MXGP. Gelar juara MXGP 2017 pun diambil oleh Antonio Cairoli (Red Bull KTM Factory Racing).

Untuk musim 2018, Gajser akan mendapatkan senjata Honda CRF450RW model year 2018. Motor generasi terbaru ini diharapkan bisa membawa Gajser dan HRC kembali mendapatkan gelar juara. Selain itu, Gajser akan mendapatkan rekan satu tim yang baru. Rekan satu tim pada musim 2017, Evgeny Bobryshev, digantikan oleh Brian Bogers. Sama seperti Gajser, Brian Bogers mendapatkan mesin Honda CRF450RW terbaru. Kemudian pembalap HRC di kelas MX2 diisi oleh Calvin Vlaanderen. Ketiga rider ini akan bertarung di bawah asuhan manajer tim Gariboldi.

Leave a Reply