Batal Pulang Kampung, Matt Phillips Tetap Ikuti EnduroGP dengan Sherco

Juara EnduroGP 2016, Matthew Phillips, pada awal tahun 2017 ini mengumumkan bahwa dia akan berhenti membalap di kompetisi Enduro World Championship (EnduroGP) terhitung mulai musim 2018 hingga seterusnya. Dalam pengumumannya waktu itu Matthew Phillips mengatakan akan kembali ke kampung halamannya di Australia dan akan membalap di Negeri Kanguru tersebut.

Menariknya, pada akhir tahun 2017 ini Matthew Phillips memutuskan batal pulang kampung. Dia masih akan tetap mengikuti kompetisi EnduroGP dengan tim CH Racing Sherco Factory Racing, setidaknya hingga musim 2018. Kemungkinan besar Matthew Phillips akan membalap di EnduroGP menggunakan motor Sherco 300 SEF-R yang selama beberapa tahun terakhir ini menjadi andalannya. Memang apa alasan Matthew Phillips batal meninggalkan EnduroGP?

Tidak bisa dipungkiri, perubahan struktur kelas di EnduroGP 2017 telah membuat sejumlah rider dan tim gonjang-ganjing. Pada EnduroGP 2016 dan sebelumnya, kompetisi ini memiliki tiga kelas, yaitu Enduro 1 (E1), Enduro 2 (E2), dan Enduro 3 (E3). Namun pada EnduroGP 2017 jumlah kelas dipersempit menjadi hanya dua, antara lain kelas Enduro 2 dan EnduroGP. Langkah ini mendapatkan protes yang cukup keras, baik dari tim maupun rider. Bahkan tidak sedikit rider yang berencana hengkang jika EnduroGP tetap dibuka dalam dua kelas. Akhirnya, penyelenggara memutuskan kembali menggunakan tiga kelas (E1, E2, & E3) pada EnduroGP 2018 mendatang. Sang juara EnduroGP 2016 pun luluh sehingga batal meninggalkan kompetisi EnduroGP.

“Struktur kelas yang baru telah membunuh kejuaraan ini dan tidak mampu menghasilkan katertarikan publik. Peluang sukses bagi rider tim privateer (di EnduroGP) menjadi sedikit dan lebih mengecil lagi. Aku tahu karena aku punya banyak di antaranya adalah temanku. Ketika pertama kali aku membalap di kompetisi ini pada tahun 2013 lalu itu luar biasa. Venue yang oke, balapan menarik, serta banyak rider dan tim yang turun. Setiap tahun sejak saat itu EnduroGP terus mengalami penyusutan,” ungkap Matthew Phillips.

Meskipun demikian, masih belum diketahui secara pasti berapa lama durasi perpanjangan kontrak antara Matthew Phillips dengan Sherco untuk ajang balap EnduroGP. Namun yang pasti, Matthew Phillips masih akan meramaikan EnduroGP sampai dengan tahun 2018. Belum ada pengumuman apa yang akan dilakukan oleh Matt setelah itu.

Leave a Reply