Daftar 14 Pembalap Motor yang Diunggulkan di Rally Dakar 2018

Rally Dakar 2018 akan dimulai kurang dari satu bulan lagi. Kompetisi balap Rally paling ekstrem di dunia itu akan digelar di tiga negara, yaitu Peru, Bolivia, dan Argentina selama dua minggu penuh terhitung mulai 6 Januari 2018 hingga 20 Januari 2018. Ada sejumlah kelas yang diperlombakan di Rally Dakar 2018, antara lain mobil, truck, quad bike (ATV), dan salah satu yang palign menarik tentunya adalah kelas motor.

Rally Dakar disebut sebagai ajang balap Rally paling ekstrem di dunia lantaran jalur yang disajikan amat sangat menantang. Tidak hanya itu, kompetisi ini memiliki durasi yang sangat panjang, mencapai dua minggu berturut-turut, dan jarak yang harus ditempuh oleh para pembalap tidaklah pendek. Secara total, pembalap mesti menempuh perjalanan lebih dari 9.000 km dalam kurun waktu dua minggu, terdiri dari 4.500 km Special Stage (SS) yang dihitung catatan waktunya dan 4.500 km jalur penghubung (Liaison) yang tidak dihitung catatan waktunya. Butuh fisik dan mental yang prima, motor yang sehat dan kencang, punya kemampuan navigasi bagus, dan tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun karena dampaknya bisa sangat luar biasa.

Menjelang dimulainya Rally Dakar 2018, Amaury Sport Organisation (ASO) mengeluarkan daftar pembalap unggulan atau favorit yang berpeluang menggondol gelar juara di tahun 2018 mendatang. ASO setidaknya memiliki 14 daftar pembalap motor yang diunggulan di Rally Dakar 2018. Dari total 14 pembalap itu komposisinya empat dari Red Bull KTM Factory Racing, empat dari Monster Energy Honda Team, dua pembalap dari Yamalube Yamaha Official Rally Team, satu dari Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, satu dari Sherco TVS Rally Factory Team, dan dua orang pembalap sisanya dari tim privateer (non-pabrikan). Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya!

1. Sam Sunderland – Red Bull KTM Factory Racing

Tidak bisa dipungkiri, Sam Sunderland yang bernaung di tim Red Bull KTM Factory Racing menjadi salah satu pembalap yang paling difavoritkan mendapat gelar juara Rally Dakar 2018. Pasalnya, Sam Sunderland merupakan peraih gelar juara Rally Dakar 2017, dia memiliki skill luar biasa, motor sangat oke, dan berada di tim yang sangat mapan di kejuaraan Rally. Bukan mustahil pria asal Inggris ini mampu kembali merengkuh gelar juara Rally Dakar di tahun 2018.

2. Antoine Meo – Red Bull KTM Factory Racing

Antoine Meo adalah salah satu pembalap motor yang selalu diunggulkan dalam keikutsertaannya di Rally Dakar. Sayangnya, pada gelaran Rally Dakar 2016 lalu Meo mengalami crash yang cukup parah sehingga dia harus pulang lebih awal. Pada 2017 Meo absen dari Rally Dakar karena sedang dalam proses penyembuhan cidera yang didapatkan pada tahun 2016. Namun performa Meo di FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017, terutama di seri OiLibya Rally – Maroko cukup menjanjikan dan bisa bertarung memperebutkan podium. Oleh karena itu tidak salah kalau ASO memasukkan Meo ke dalam daftar rider unggulan Rally Dakar 2018.

3. Toby Price – Red Bull KTM Factory Racing

Toby Price merupakan pembalap asal Australia yang berhasil memenangkan gelar juara Rally Dakar 2016. Pada Rally Dakar 2017, Toby Price mengalami kecelakan yang membuat tulang pahanya patah. Meskipun hampir satu tahun absen tidak membalap, namun kecepatan dan skill navigasi yang dimiliki oleh Price tetaplah diperhitungkan.

4. Matthias Walkner – Red Bull KTM Factory Racing

Matthias Walkner menjadi pembalap Red Bull KTM Factory Racing keempat yang menjadi favorit mendapatkan gelar juara Rally Dakar 2018. Apalagi dia adalah runner-up Rally Dakar 2017 sekaligus memiliki prestasi yang cukup mentereng di kompetisi FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017. Masuk bursa pertarungan dalam perebutan gelar juara bukan mustahil dilakukan oleh Walkner.

5. Kevin Benavides – Monster Energy Honda Team

Pada tahun 2017 Kevin Benavides gagal mengikuti Rally Dakar karena dia crash saat latihan di Argentina yang membuatnya dibawa ke meja operasi. Menariknya, Kevin Benavides mampu melakukan recovery dengan cepat dan sukses mengantarkan dirinya menempati posisi runner-up FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017. Kevin menjadi salah satu ujung tombak bagi Honda untuk merebut gelar juara Rally Dakar dari KTM.

6. Joan Barreda Bort – Monster Energy Honda Team

Joan Barreda adalah pembalap Honda yang paling kencang di Rally Dakar 2017 lalu. Dia beberapa kali menjadi pembalap terkencang pada sejumlah stage. Namun penalty waktu yang diberikan oleh seluruh pembalap Honda karena kesalahan tim membuat Joan Barreda harus puas finish di posisi kelima. Jika tidak ada kendala, Joan Barreda menjadi salah satu pembalap yang patut diwaspadai.

7. Ricky Brabec – Monster Energy Honda Team

Pria asal Amerika Serikat ini bukanlah pembalap yang cukup konsisten. Dalam sejumlah stage, dia mungkin mampu melesat di depan, sedangkan di stage yang lain Brabec kerap tampil tidak maksimal. Untuk mendapatkan gelar juara Rally Dakar 2018 mungkin susah bagi Brabec. Namun tidak ada yang tidak mungkin di Rally Dakar. Semua hal bisa terjadi. Paling tidak Brabec bisa mengacak-acak para pembalap yang berada di barisan depan.

8. Michael Metge – Monster Energy Honda Team

Sama seperti Brabec, Michael Metge tergolong sebagai pembalap yang kencang namun kurang konsisten. Beruntung pada Rally Dakar 2017 lalu Metge masih mendapatkan posisi ke-14 di akhir lomba. Pada Rally Dakar 2018 nanti bisa menjadi momen bagi Metge untuk memperbaiki hasil yang didapatkan pada 2017 lalu.

9. Adrien van Beveren – Yamalube Yamaha Official Rally Team

Pada Rally Dakar 2018 nanti, Yamalube Yamaha Official Rally Team tentu akan menjadi salah satu tim yang cukup diperhitungkan karena tim biru mempertahankan Adrien van Beveren. Di Rally Dakar 2017 dan sejumlah kompetisi balap Rally sepanjang musim 2017 Adrien van Beveren memang tampil memikat. Tidak salah kalau ASO memasukkan namanya ke dalam daftar favorit juara. Apalagi pada tahun 2017 lalu Adrien van Beveren sukses membawa Yamaha masuk ke posisi keempat klasemen akhir.

10. Xavier de Soultrait – Yamalube Yamaha Official Rally Team

Pada tahun 2017 Xavier de Soultrait hanya bernaung di tim satelit Viltais Racing Team HFP (Yamaha). Namun dia cukup menghebohkan dengan menempati posisi pertama pada Stage 1. Kemudian dia juga sempat merecoki pembalap-pembalap unggulan. Setelah Rally Dakar 2017, Xavier de Soultrait dikontrak langsung oleh tim factory Yamalube Yamaha Official Rally Team. Penampilan Xavier de Soultrait tidak kendor, malah justru semakin mentereng dengan membawa kemenangan di sejumlah balap Rally internasional. Rally Dakar 2018 akan menjadi ajang pembuktian bahwa Yamaha tidak salah mengontrak Xavier de Soultrait.

11. Gerard Farres Guel – HIMOINSA Racing Team (KTM)

Pembalap-pembalap yang difavoritkan memenangi Rally Dakar 2018 memang kebanyakan berasal dari tim factory. Beruntung Gerard Farres Guel masuk sebagai salah satu dari segelintir pembalap tim satelit atau privateer yang cukup diperhitungkan. Kematangan dan pengalaman jadi modal kuat bagi Gerard Farres bertarung di barisan depan. Walaupun usianya tidak lagi muda, terbukti pada Rally Dakar 2017 lalu dia mampu kompetitif melawan pembalap-pembalap yang lebih muda dan mengakhiri kompetisi di podium ketiga.

12. Pablo Quintanilla – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing

Pablo Quintanilla tergolong sebagai pembalap yang punya prestasi moncer di ajang balap FIM Cross-Country Rallies World Championship. Terhitung dia dua kali berturut-turut menjuarai kompetisi tersebut pada 2016 dan 2017. Meskipun demikian, di Rally Dakar Pablo Quintanilla belum sempat mendapatkan posisi yang bagus. Tapi setidaknya dia masih tetap masuk ke dalam deretan pembalap top yang berpeluang menggondol gelar juara. Apalagi Pablo Quintanilla mendapatkan dukungan dari KTM Group, lebih tepatnya tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing.

13. Joan Pedrero Garcia – Sherco TVS Rally Factory Team

Joan Pedrero Garcia yang tergabung ke dalam Sherco TVS Rally Factory Team adalah pembalap senior di Rally Dakar. Joan Pedrero Garcia sudah sejak beberapa tahun terakhir tidak pernah absen mengikuti kompetisi ini. Pengalaman segudang yang dimiliki oleh Joan Pederero Garcia bisa saja membawa Sherco TVS Rally Factory Team berjaya di Rally Dakar 2018.

14. Stefan Svitko – Slovnaft Rally Team

Selain Gerard Farres, Stefan Svitko menjadi pembalap tim privateer (non-pabrikan) yang sanggup menembus masuk deretan pembalap unggulan di Rally Dakar 2018. Memang siapa sebenarnya Svitko? Dia adalah runner-up Rally Dakar 2016. Waktu itu dia tampil sangat konsisten sehingga mampu mengejutkan semua lawan-lawannya. Pada Rally Dakar 2017 penampilan Svitko yang menggeber motor buatan KTM ini memang tidak sebaik tahun 2016. Dia hanya finish di posisi ke-25. Meskipun demikian ASO tetap memasukkan Svitko ke deretan pembalap unggulan.

Leave a Reply