Mark Samuels Dapat Dukungan Penuh dari Honda di Rally Dakar 2018

Rider asal Amerika Serikat, Mark Samuels, dipastikan akan berlaga di Rally Dakar 2018. Mark Samuels kabarnya mendapatkan dukungan penuh dari Honda dengan mendapatkan paket motor Honda CRF450 RALLY terbaru, namun dia tidak akan bernaung di tim official Honda Racing Corporation (HRC) – Monster Energy Honda Team, melainkan bergabung dengan Honda South America Rally Team.

Pada Rally Dakar 2017 lalu Honda South America Rally Team mengandalkan Franco Caimi. Rider asal Argentina itu mampu tampil impresif dengan finish di posisi kedelapan klasemen akhir Rally Dakar 2017. Sayangnya selepas Rally Dakar 2017, Franco Caimi bergabung dengan Yamalube Yamaha Official Rally Team sehingga Caimi akan berlaga dengan tim biru pada Rally Dakar 2018 mendatang. Untuk mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan oleh Caimi, maka Honda South America Rally Team merekrut Mark Samuels.

Seperti yang dilansir oleh Dirt Bike Magazine, Mark Samuels akan mendapatkan paket motor Honda CRF450 RALLY yang sama persis seperti milik Joan Barreda, Kevin Benavides, Paulo Goncalves, Ricky Brabec, dan Michael Metge di Monster Energy Honda Team. Bahkan berbagai macam perlengkapan yang diberikan kepada Mark Samuels dipastikan sama persis dengan milik Monster Energy Honda Team. Bisa dibilang Mark Samuels membalap di Rally Dakar 2018 bersama dengan tim satelit tapi mendapatkan dukungan penuh dari pabrikan.

Prestasi Mark Samuels di ajang balap Rally memang belum sementereng lima pembalap Monster Energy Honda Team. Tapi paling tidak Mark Samuels sudah menunjukkan prestasinya dengan menempati podium kedua Sonora Rally 2017, persis di belakang Ricky Brabec yang meraih podium pertama. Menjelang dimulainya Rally Dakar 2018 pada 6-20 Januari 2018 mendatang, Mark Samuels cukup rutin melakukan latihan di dekat rumah Ricky Brabec di Amerika Serikat. Bahkan Ricky Brabec juga memberikan dukungan penuh kepada Mark Samuels. Contohnya adalah pada foto-foto yang ada di halaman ini. Dalam foto-foto itu Mark Samuels melakukan latihan menggunakan motor Honda CRF450 RALLY milik Ricky Brabec dengan corak warna tim Mark Samuels – Honda South America Rally Team. Sekarang Mark Samuels dan Ricky Brabec sudah berada di Lima (Peru), lokasi yang menjadi titik start Rally Dakar 2018. Rally Dakar 2018 sendiri berlangsung selama dua pekan dengan total 14 stage. Para pembalap harus menempuh perjalanan lebih dari 9.000 km selama dua minggu tersebut.

Leave a Reply