Kevin Benavides Bangga Pimpin Klasemen Sementara Rally Dakar 2018

Antoine Meo (Red Bull KTM Factory Racing) memang menjadi pemenang race Stage 6 Rally Dakar 2018 yang mengambil rute dari Arequipa (Peru) menuju La Paz (Bolivia) dengan Special Stage sejauh 194 km. Namun faktanya, justru rider Monster Energy Honda Team Kevin Benavides lah yang menjadi pimpinan klasemen sementara Rally Dakar 2018 pasca race Stage 6.

Kevin Benavides sejauh ini belum berhasil memenangkan stage di Rally Dakar 2018. Tapi rider asal Argentina tersebut tampil cukup konsisten, terutama di beberapa stage terakhir. Bahkan hingga Stage 6 Kevin Benavides tidak pernah keluar dari posisi 10 besar di setiap stage. Kevin Benavides mendapatkan posisi ke-10 di Stage 1, kelima di Stage 2, kedua di Stage 3, kedelapan di Stage 4, ketiga di Stage 5, dan kedua di Stage 6. Konsistensi Kevin Benavides itu sudah lebih dari cukup untuk membuatnya berada di posisi pertama klasemen sementara. Malah Kevin Benavides mampu mengungguli rekan satu timnya Joan Barreda di klasemen. Joan Barreda sendiri sekarang menempati posisi keempat klasemen sementara setelah race Stage 6, padahal Joan Barreda sudah dua kali mendapatkan kemenangan stage, persisnya di Stage 2 dan Stage 5.

“Aku sangat bangga karena ini untuk pertama kalinya rider asal Argentina bisa memimpin Rally Dakar. Aku sangat senang juga karena idenya adalah mendapatkan ranking sebagus mungkin sebelum memasuki hari istirahat (rest day), sehingga aku benar-benar sangat senang. Sekarang aku sedikit lelah, karena kami diguyur hujan (di Stage 6), melewati medan berlumpur, dan jalan yang kencang. Tetapi aku memang cepat dan merasa nyaman di atas motor. Sekarang kami punya waktu sehari untuk istirahat dan mempersiapkan race di minggu kedua,” ungkap Kevin Benavides dalam rilis resmi yang dikirimkan oleh Monster Energy Honda Team kepada Goracing.id.

Konsistensi Kevin Benavides membuat dirinya menjadi salah satu rider yang paling berpeluang mendapatkan gelar juara Rally Dakar 2018. Akan tetapi, perjuangan untuk mendapatkan gelar tentu tidak mudah. Di klasemen, Kevin Benavides hanya berjarak 1 menit 57 detik dari rider yang berada di posisi kedua, Adrien Van Beveren (Yamalube Yamaha Official Rally Team). Rider Red Bull KTM Factory Racing Matthias Walkner mengintai di posisi ketiga klasemen sementara dengan ketertinggalan 3 menit 50 detik dari Kevin Benavides. Joan Barreda, Toby Price (Red Bull KTM Factory Racing), Antoine Meo, dan Xavier de Soultrait (Yamalube Yamaha Official Rally Team) juga berjarak tidak terlalu jauh. Mereka hanya tertinggal sembilan hingga 11 menit dari Kevin Benavides.

Sementara itu, Manajer Monster Energy Honda Team Raul Castells mengaku senang dengan hasil yang dicapai oleh Kevin Benavides dan rider-rider Honda yang lain. Menurut Raul Castells, Honda Jepang telah bekerja sangat baik dengan menyediakan paket motor Honda CRF450 RALLY terbaru yang sangat reliable dan kompetitif. Namun, pertempuran ke depan bakal lebih sulit lagi karena mereka membalap di wilayah Bolivia dan Argentina yang penuh dengan lintasan kencang.

“Kami harus mengucapkan selamat kepada para rider yang telah melakukan pekerjaan bagus sejauh ini. Kevin sekarang memimpin dan Joan telah melakukan comeback yang sangat bagus. Keduanya memukau hari ini di Special Stage tanpa ada halangan apapun. Rider-rider lainnya juga bagus dan aku tidak ingin berbicara lebih banyak, kami akan berbicara di Cordoba (lokasi finish Rally Dakar 2018). Kami telah melewati minggu pertama dari gurun pasir yang amat sangat sulit dengan rencana melewati mereka sebaik mungkin, dan begitulah keadannya, tanpa ada kecelakan atau gangguan mekanis pada motor. Honda Jepang telah bekerja sangat baik. Sekarang lintasannya akan berubah dengan stage yang keras. Di Bolivia kami perkirakan akan menghadapi hujan, dan di Argentina akan lebih berat lagi dengan stage yang kencang,” ujar Raul Castells.

Saat ini para rider dan tim sedang beristirahat di La Paz. Istirahat sehari memang perlu dilakukan untuk meregangkan otot-otot dan mengatur strategi sebelum menghadapi sisa delapan stage terakhir. Para rider baru akan bertarung lagi pada 13-20 Januari 2018, dari Stage 7 sampai Stage 14. Mungkinkah Kevin Benavides bisa mematahkan rekor juara berturut-turut yang sudah didapatkan oleh KTM sebanyak 16 kali? Atau malah KTM bisa memperpanjang rekor dengan meraih gelar juara ke-17 secara beruntun?

Leave a Reply