Akibat Cuaca Buruk, Balapan Stage 9 Rally Dakar 2018 Dibatalkan

Seharusnya pada 15 Januari 2018 para pembalap yang berlaga di Rally Dakar 2018 menjalani race Stage 9 dari Tupiza menuju Salta. Jarak yang perlu ditempuh pada Stage 9 ini sejauh 755 km yang terdiri dari 513 km jalur penghubung (Liaison) yang tidak dihitung catatan waktunya dan 242 km lagi merupakan Special Stage yang dihitung catatan waktunya. Akan tetapi, cuaca buruk yang terus melanda di area antara Tupiza dan Salta membuat Amaury Sport Organisation (ASO) selaku penyelenggara Rally Dakar memutuskan untuk membatalkan race Stage 9!

Dalam keterangan yang diberikan oleh ASO melalui website resmi Dakar.com, disebutkan bahwa cuaca buruk yang melanda wilayah Tupiza hingga Salta menyebabkan anggota tim tidak dapat masuk ke jalur untuk memperbaiki kendaraan yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Stage 9 dengan sangat terpaksa dibatalkan. Seluruh anggota tim, baik rider, driver, teknisi, dan seluruh pihak yang berkecimpung di ajang balap Rally Dakar 2018 akhirnya pergi dari Tupiza menuju Salta melewati jalan aspal. Ini sekaligus menandai Rally Dakar 2018 telah meninggalkan wilayah Bolivia dan mulai masuk ke wilayah Argentina. Mereka semuanya berkumpul dan menginap di Salta untuk menghadapi pertarungan Stage 10 yang mengambil rute dari Salta menuju Belen dengan jarak total 797 km, terdiri dari 424 km Liaison dan 373 km Special Stage.

“Penyelenggara tidak ada pilihan lain kecuali membatalkan Stage 9, yang semestinya berlangsung antara Tupiza dan Salta pada Senin (15/1/2018). Oleh karena itu, Dakar akan menuju Salta melalui jalan darat. Rally ini akan dilanjutkan di Stage 10 dari Salta menunju Belen,” ungkap ASO.

Dengan dibatalkannya Stage 9, posisi rider di klasemen sementara tentu saja tidak mengalami perubahan. Adrien Van Beveren (Yamalube Yamaha Official Rally Team) tetap memimpin di posiis pertama dengan keunggulan sangat tipis hanya 22 detik dari Kevin Benavides (Monster Energy Honda Team) yang berada di posisi kedua. Posisi ketiga hingga keenam diisi oleh Matthias Walkner (Red Bull KTM Factory Racing), Toby Price (Red Bull KTM Factory Racing), Joan Barreda (Monster Energy Honda Team), dan Antoine Meo (Red Bull KTM Factory Racing). Selisih keempat rider ini dengan pemuncak klasemen berkisar antara 6-9 menit. Pembatalan Stage 9 cukup menguntungkan bagi Adrien Van Beveren dan Kevin Benavides karena posisi mereka tidak tergeser, tapi kurang menguntungkan bagi rider-rider yang berada di bawahnya karena tidak dapat memangkas catatan waktu, padahal sisa pertarungan tinggal sedikit. Sekarang pertarungan di Rally Dakar 2018 hanya tersisa lima stage!

Leave a Reply