Andalkan KTM 250 XC-W TPI, Cody Webb Berjaya di Revlimiter Extreme Enduro

Tahun 2018 akan menjadi musim yang sangat sibuk bagi rider FMF KTM Factory Racing Cody Webb. Pasalnya, rider asal Amerika Serikat ini mengikuti banyak kompetisi, mulai dari FIM SuperEnduro World Championship, AMA EnduroCross Championship, hingga sejumlah kompetisi Hard Enduro lokal di Amerika Serikat maupun tingkat dunia. Di SuperEnduro, Cody Webb sekarang adalah pimpinan klasemen, sedangkan EnduroCross kompetisinya belum dimulai, dan untuk mengisi waktu yang masih luang King Cody ikut ambil bagian di kompetisi Hard Enduro bernama Revlimiter Extreme Enduro 2018 di Decatur – Texas, Amerika Serikat.

Dalam laga di Texas, Cody Webb mengandalkan motor 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi, KTM 250 XC-W TPI. Mungkin Cody Webb menjadi rider tim factory pertama yang menggunakan motor 2-stroke injeksi di sebuah kompetisi. Sebab selama ini rider-rider Hard Enduro tim factory dari KTM dan Husqvarna masih lebih senang menggunakan motor 2-stroke lawas dengan sistem pembakaran karburator seperti KTM 250/300 EXC dan Husqvarna TE 250/300. Mereka masih enggan menggunakan KTM 250/300 EXC TPI, KTM 250 XC-W TPI, atau Husqvarna TE 250i/300i yang sudah menerapkan sistem pembakaran injeksi.

Revlimiter Extreme Enduro 2018 sendiri mengusung format tiga race. Race 1 merupakan babak kualifikasi yang digelar pada Sabtu (13/1/2018), kemudian race utama yang notabene Race 2 dan Race 3 digelar pada Minggu (14/1/2018). Satu hal yang cukup mengejutkan, Cody Webb sangat dominan di ketiga race Revlimiter Extreme Enduro 2018. Dia mendapatkan catatan waktu paling cepat di Race 1 untuk meraih Pole Position di race hari Minggu. Kemudian Cody Webb memenangkan Race 2 dan Race 3 sekaligus. Hal itu membuat score Cody Webb 1-1-1 dan dia  berhak menggondol gelar juara Revlimiter Extreme Enduro 2018. Podium kedua ditempati oleh penyemplak motor Husqvarna Cory Graffunder dengan score 2-3-3, dan podium ketiga menjadi milik Jordan Ashburn yang menggunakan motor Beta dengan score 3-2-4. Nama yang cukup beken di kompetisi Hard Enduro David Knight (Gas Gas) harus puas bertengger di posisi keempat.

“Aku sangat gembira dengan gaya riding-ku di akhir pekan kemarin. Ini adalah pertama kalinya aku menggunakan KTM 250 XC-W TPI dan ini sekaligus menjadi jalan yang bagus untuk memulai musim kompetisi Hard Enduro 2018,” ungkap Cody Webb.

Apakah langkah Cody Webb menggunakan motor 2-stroke injeksi ini akan diikuti oleh rider-rider tim factory KTM dan Husqvarna lainnya seperti Jonny Walkner, Taddy Blazusiak, Graham Jarvis, Alfredo Gomez, dan Billy Bolt? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Tapi akan sangat menarik kalau rider-rider top dunia ini mulai beralih ke motor baru dengan mesin 2-stroke injeksi untuk menunjukkan bahwa motor yang jauh lebih ramah lingkungan ini juga reliable dan sanggup menggenggam gelar juara layaknya mesin konvensional 2-stroke karburator.

One comment

Leave a Reply