Josep Garcia Mulai Berlatih Hard Enduro untuk Hadapi WESS 2018

Josep Garcia, rider Red Bull KTM Factory Racing yang musim lalu berlaga dan menjadi juara di kelas Enduro 2 – FIM Enduro World Championship (EnduroGP), saat ini terus melakukan latihan secara intensif untk menghadapi kompetisi baru bernama World Enduro Super Series (WESS) 2018 sebanyak delapan seri yang dimulai pada Mei 2018 dan berakhir pada November 2018.

Seperti diketahui, WESS merupakan kompetisi dengan format baru yang mengakomodasi hampir seluruh disiplin balap Enduro, mulai dari Classic Enduro, Hard Enduro, Beach Race, hingga balap Cross-Country. Sejumlah rider papan atas dari masing-masing disiplin balap Enduro dipastikan tampil di WESS 2018 untuk memperebutkan gelar sebagai jawara Enduro dunia. Red Bull KTM Factory Racing sebagai tim papan atas bakal tampil all-out di WESS 2018 dengan menerjunkan lima orang rider sekaligus, antara lain Taddy Blazusiak dari kancah balap SuperEnduro, Cody Webb dari EnduroCross/SuperEnduro, Jonny Walker dari Hard Enduro, serta yang terakhir Nathan Watson dan Josep Garcia dari EnduroGP.

Josep Garcia yang terbiasa bertanding di kancah EnduroGP harus berlatih keras dalam menghadapi WESS 2018 lantaran kompetisi itu akan didominasi oleh Hard Enduro, sementara dia belum banyak berpengalaman di track Hard Enduro. Menariknya, dalam sebuah video yang diunggah di YouTube, Josep Garcia berlatih Hard Enduro menggunakan motor 2-stroke KTM 300 EXC TPI yang sudah mengandalkan sistem pembakaran injeksi. Itu berarti mulai musim kompetisi 2018 akan ada banyak rider yang menggunakan motor 2-stroke injeksi, baik itu dari KTM maupun Husqvarna. Namun pada video yang sama, rider Hard Enduro dari tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Billy Bolt yang biasanya mengandalkan motor 2-stroke Husqvarna TE 300 justru menggunakan motor 4-stroke Husqvarna FE 350.

Dari video itu terlihat skill Josep Garcia sudah cukup mumpuni sebagai juara kelas Enduro 2 pada EnduroGP 2017. Akan tetapi, pada kondisi medan yang cukup ekstrem Josep Garcia masih sering kerepotan dan tidak jarang harus bergelimpangan jatuh-bangun. Tentu butuh usaha yang sangat keras bagi Josep Garcia agar bisa mengalahkan rider-rider top dunia yang jauh lebih berpengalaman di track Hard Enduro seperti Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), Alfredo Gomez (Rockstar Energy Husqvarna Facgtory Racing), Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), Jonny Walkner (Red Bull KTM Factory Racing), Taddy Blazusiak (Red Bull KTM Factory Racing), Cody Webb (FMF KTM Factory Racing), Mario Roman (Sherco Factory Racing Team), Wade Young (Shero Factory Racing Team), hingga rider tim privateer Lars Enockl yang selama ini menjadi test rider KTM. Bagaimana aksi Josep Garcia dengan KTM 300 EXC TPI di track Hard Enduro? Videonya bisa disaksikan berikut ini:

Leave a Reply