Cody Webb Juarai King of The Motos 2018, Colton Haaker Podium Kedua

Dua jagoan EnduroCross dan SuperEnduro dari dua pabrikan berbeda, Cody Webb (FMF KTM Factory Racing) dan Colton Haaker (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), ikut ambil bagian dalam kompetisi Hard Enduro King of The Motos 2018 yang digelar di California, Amerika Serikat. Menariknya, King of The Motos 2018 digelar sebanyak tiga kali balapan dan ketiga-tiganya diborong oleh Cody Webb!!

Balapan pertama digelar Sabtu (3/2/2018) malam dengan putaran sejauh 12 mil di sebuah perbukitan batu di California. Pada balapan pertama ini para rider hanya mengandalkan lampu motor sebagai penerangan dan untuk navigasi mereka mengandalkan GPS. Penyelenggara memang sengaja tidak memberikan tanda-tanda pada lintasan karena peta jalur yang harus dilewati langsung dipasang pada GPS masing-masing rider.

Kemudian balapan kedua berlangsung pada Minggu (4/2/2018) pagi hari dengan lintasan yang sangat ekstrem sejauh 5 mil. Berbeda pada balapan pertama, pada balapan kedua ini penyelenggara melengkapi jalur dengan tanda-tanda arah sehingga para rider tidak perlu menggunakan GPS. Pada balapan terakhir, penyelenggara memberikan jalur lintasan yang sangat sulit dengan jarak lebih dari 100 mil. Lagi-lagi balapan ketiga ini hanya mengandalkan GPS.

Satu hal yang cukup luar biasa, Cody Webb sanggup menjadi rider yang paling kencang pada tiga balapan sekaligus dengan mengandalkan motor KTM 250 XC-W TPI, motor enduro 2-stroke yang sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Bahkan Cody Webb menuntaskan dua putaran balapan ketiga dengan catatan waktu 6 jam 45 menit, sekaligus menjadi satu-satunya rider yang berhasil menyelesaikan balapan dalam dua putaran penuh. Posisi kedua ditempati oleh Colton Haaker yang selama ini menjadi pesaing utama bagi Cody Webb di ajang balap EnduroCross dan SuperEnduro, sementara podium ketiga diisi oleh Noah Kepple.

“Aku mendapatkan akhir pekan yang nyaris sempurna. Aku mendapatkan tiga mahkota, aku menang pada ketiga sesi balap dan aku menjadi satu-satunya rider yang berhasil menyelesaikan dua putaran penuh. Motor baru KTM 250 XC-W TPI luar biasa, aku tidak mengalami kendala pada seluruh sesi balapan, kecuali beberapa hal yang membingungkan di check point terakhir,” ungkap Webb.

Sebelum menggenggam kemenangan di King of The Motos 2018, Cody Webb juga mampu meraih kemenangan di Revlimiter Extreme Enduro 2018. Cody Webb sama-sama menggunakan motor KTM 250 XC-W TPI di kedua kompetisi tersebut. Ini sekaligus membuktikan bahwa motor baru 2-stroke injeksi yang belum lama ini diluncurkan oleh KTM mampu kompetitif di kompetisi Hard Enduro atau Extreme Enduro.

Leave a Reply