Tim Gajser dan Brian Bogers Positif Gagal Tampil di Seri Perdana MXGP 2018

Dua rider Team HRC, Tim Gajser dan Brian Bogers, dipastikan gagal tampil di seri perdana FIM Motocross World Championship (MXGP) 2018 yang rencananya digelar di Neuquen – Argentina pada 4 Maret 2018. Pasalnya, kedua rider Team HRC di kelas MXGP itu masih dalam proses penyembuhan dari cidera. Satu-satunya rider Team HRC yang siap tampil di seri perdana Argentina adalah Calvin Vlaanderen di kelas MX2 menggunakan motor Honda CRF250RW.

Tim Gajser mengalami cidera ketika tampil di ajang balap seri terakhir Internazionali d’Italia yang dihelat di Mantova pada 18 Februari 2018. Ketika itu Gajser mengalami kecelakaan yang cukup parah sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Carlo Poma, tidak jauh dari lokasi balapan. Di rumah sakit tersebut Gajser masih dalam kondisi sadar sehingga rider berusia 21 tahun itu bisa berinteraksi dengan staf rumah sakit dan menunjukkan seluruh pergerakan tubuhnya. Dari hasil scan MRI, kondisi kepala dan tulang leher bagian belakang Gajser tidak mengalami masalah. Hanya saja Gajser perlu menjalani operasi untuk memperbaiki dua buah keretakan di bagian tulang rahang. Operasi dilakukan saat itu juga di malam hari.

Setelah sukses menjalani operasi pertama di Mantova, pada hari berikutnya Gajser dibawa oleh ambulance ke kampung halamannya di Slovenia. Di sana Gajser kembali menjalani operasi lanjutan yang ditangani oleh Dr Grošeta dari Rumah Sakit Maribor yang memang spesialis dalam hal operasi rahang. Tujuan dari operasi yang kedua ini adalah untuk menyetabilkan keretakan pada rahang Tim Gajser. Meskipun proses operasi berjalan dengan baik dan lancar, namun Gajser perlu waktu pemulihan sekitar tiga minggu. Kemungkinan besar Gajser baru bisa tampil pada seri kedua MXGP 2018 di Belanda pada 18 Maret 2018.

“Semua hal telah dipertimbangkan, dan aku bisa katakan bahwa aku tidak cukup beruntung. Kaki kananku terpeleset sebelum melakukan jumping dan itu membuatku secara tidak sengaja membuka gas, dan itulah alasan kenapa aku melakukan jumping terlalu banyak. Aku mendarat di lokasi yang mestinya menjadi spot jumping berikutnya, dan mukaku menghantam handlebar dengan keras,” ungkap Gajser dalam rilis yang dikirimkan oleh Team HRC.

Sementara itu, Brian Bogers yang mengalami kecelakaan saat latihan di Italia pada November 2017 yang lalu juga belum sembuh dari cidera. Brian Bogers masih terus menjalani proses pemulihan dan belum ada kepastian kapan Brian Bogers bisa tampil di MXGP 2018. Namun yang jelas pada seri perdana di Argentina nanti Brian Bogers dipastikan akan absen.

Leave a Reply