Rider Wilvo Yamaha Arnaud Tonus Absen di Laga Perdana MXGP 2018

Salah satu rider Wilvo Yamaha Official MXGP Team Arnaud Tonus dipastikan absen di laga pembuka FIM Motocross World Championship (MXGP) 2018 yang digelar di Neuquen – Argentina pada 3 Maret 2018. Arnaud Tonus mengalami dislokasi bahu ketika kecelakaan saat menjalani sesi Timed Practiced di Master of Motocross International yang dihelat di LaCapelle-Marival – Perancis pada 18 Februari 2018.

Setelah mengalami kecelakaan, Arnaud Tonus langsung ditangani oleh tim medis yang berada di sirkuit sebelum dibawa pulang ke kampung halamannya di Swiss. Sesampainya di Swiss, pembalap berusia 26 tahun itu kemudian dibawa ke Hirslanden Hospital yang berada di Geneva. Di rumah sakit itu Arnaud Tonus mengikuti saran Dr. Gregory Cunningham untuk menjalani operasi rekonstruksi. Operasi berjalan dengan lancar pada 20 Februari 2018.

Untuk sementara waktu, Arnaud Tonus menjalani masa rehabilitasi di Swiss. Dia harus beristirahat selama beberapa minggu sebelum memasuki program fisioterapi yang intensif. Sampai saat ini tim medis maupun Wilvo Yamaha masih belum bisa memprediksi kapan Arnaud Tonus akan kembali ke atas motor. Fokus utama bagi Arnaud Tonus sekarang adalah menjalani proses penyembuhan sehingga bisa lekas sembuh dan kembali menggeber motor Yamaha YZ450F di ajang balap MXGP.

“Sangat mengecewakan memulai musim kompetisi dengan cidera yang cukup parah seperti ini. Aku melakukan banyak pekerjaan di musim dingin, olahraga di gym dan mengontrol bobot tubuhku agar 100 persen siap dalam menghadapi musim ini, dan aku merasa sangat bagus di atas motor. Sekarang aku perlu mengubah targetku dan bisa sembuh secepat mungkin. Aku sangat percaya dengan dokter dan orang-orang yang berada di sekitarku di Geneva, dan aku sangat yakin ketika aku kembali, aku akan kuat dan siap menunjukkan apa yang bisa aku lakukan,” tutur Arnaud Tonus dalam rilis resmi dari Yamaha Racing.

Dengan absennya Arnaud Tonus, maka Wilvo Yamaha Official MXGP Team akan mengawali musim kompetisi 2018 hanya dengan dua orang pembalap, yaitu Shaun Simpson dan rider anyar yang menjadi rookie di MXGP 2018 Jeremy Seewer. Jelas ini menjadi kerugian yang cukup besar bagi Wilvo Yamaha Official MXGP Team karena kehilangan pembalap hebat seperti Arnaud Tonus. Namun begitulah balapan, ketidakberuntungan bisa mengancam siapa saja dan kapan saja.

“Sangat tidak beruntung karena kami memulai musim kompetisi MXGP 2018 tanpa Arnaud. Dia terlihat sangat kencang dan sangat kuat di atas Yamaha YZ450F selama latihan di libur kompetisi dan semua sepertinya akan berjalan sesuai rencana untuk menjadi musim yang fantastis. Namun hanya dalam beberapa detik, awal musim telah berkhir untuknya, tapi ini adalah sesuatu yang bisa datang kapan saja di olahraga ini,” ungkap Yamaha Motor Europe MX Racing Manager Erik Eggens.

Leave a Reply