KTM 450 SX-F & KTM 250 SX-F Siap Tempur di MXGP Argentina Akhir Pekan Ini

Gelaran FIM Motocross World Championship (MXGP) alias ajang balap Motocross paling bergengsi sejagad akan kembali dimulai pada akhir pekan ini, 3-4 Maret 2018. Neuquen – Argentina menjadi tuan rumah seri perdana MXGP 2018, sekaligus mengukuhkan kota ini sebagai tuan rumah MXGP sebanyak empat kali secara berturut-turut tanpa ada jeda. Sirkuit MXGP Argentina yang berada di dekat Villa de Angostura tergolong disukai oleh para rider lantaran memiliki layout yang kencang dan terbuat dari bahan dasar abu gunung vulkanik yang memiliki konsistensi mirip dengan pasir.

Dalam rilis yang dikirimkan oleh KTM kepada Goracing.id, disebutkan bahwa tim Red Bull KTM Factory Racing sangat siap menghadapi seri perdana MXGP 2018 agar bisa mempertahankan gelar juara di dua kelas sekaligus, yaitu kelas MXGP dan MX2. Untuk merealisasikan target tersebut, Red Bull KTM Factory Racing bakal menerjunkan lima orang rider dengan tiga orang di antaranya berada di kelas MXGP dan dua orang rider sisanya mengisi kelas MX2. Mereka dipersenjatai dengan motor KTM 450 SX-F dan KTM 250 SX-F yang telah terbukti mampu menghasilkan gelar juara.

Di kelas MXGP, Antonio Cairoli yang menjadi juara tahun lalu tetap menjadi andalan bagi Red Bull KTM Factory Racing. Sebagai juara bertahan Tony Cairoli berhak menggunakan nomor start #1 di motornya, namun rider berusia 32 tahun asal Italia yang baru saja memperpanjang kontrak dengan Red Bull KTM Factory Racing hingga tahun 2020 ini lebih memilih menggunakan nomor start #222 yang telah lama menjadi ciri khasnya. Tidak bisa dipungkiri, Cairoli menjadi aset yang sangat berharga bagi Red Bull KTM Factory Racing karena sejauh ini telah mengantongi sembilan gelar juara dunia dengan tujuh di antaranya didapatkan di kelas primer (MXGP).

“Tidak ada perbedaan besar di tahun 2018 kecuali aku memulai kompetisi sebagai juara bertahan. Aku pernah merasakan feeling seperti ini tapi aku tahu aku bisa bertarung mendapatkan gelar juara karena kami sebelumnya sempat mengalami kesulitan selama dua tahun dan kami tidak mengerti situasi itu. Sekarang kami 100 persen yakin bisa bertarung,” kata Cairoli.

Cairoli akan ditemani oleh rekan satu tim yang sama seperti tahun lalu. Mereka adalah Glenn Coldenhoff dengan nomor start #259 dan Jeffrey Herlings dengan nomor #84 terpasang pada motornya. Semua rider ini dalam kondisi fit sehingga bisa bertarung di seri perdana MXGP 2018 akhir pekan nanti. Baik Cairoli, Coldenhoff, maupun Herlings akan dibekali dengan motor KTM 450 SX-F yang kurang lebih memiliki spesifikasi sama seperti motor tahun lalu. KTM sengaja tidak melakukan perubahan radikal pada KTM 450 SX-F karena di tangan Cairoli sudah terbukti bisa meraih gelar juara.

Di kelas MX2, Red Bull KTM Factory Racing masih akan tetap mengandalkan duet Pauls Jonass dan Jorge Prado Garcia. Itu berarti mereka akan berduet bersama selama dua tahun beruntun. Tidak mengherankan kalau Red Bull KTM Factory Racing mempertahankan Pauls Jonass dan Jorge Prado Garcia. Pasalnya prestasi mereka musim lalu sangat bagus. Khusus Jonass malah sanggup merengkuh gelar juara dunia MX2. Red Bull KTM Factory Racing jelas berharap mereka bisa mengulang prestasi musim lalu dengan mengandalkan motor KTM 250 SX-F.

“Ada beberapa tekanan tambahan di atas pundakku. Semua orang bilang kepadaku akan lebih sulit mempertahankan gelar juara daripada memenangkannya untuk pertama kali. Aku tidak memikirkan target jangka panjang yang terlalu muluk-muluk saat ini dan hanya fokus dengan latihan dan riding-ku. Aku berada dalam kondisi yang sangat baik, sehingga tidak akan mudah bagi rider lain mengalahkanku,” ujar Jonass.

Lineup Rider Red Bull KTM Factory Racing 2018:

  • Antonio Cairoli – MXGP
  • Glenn Coldenhoff – MXGP
  • Jeffrey Herlings – MXGP
  • Pauls Jonass – MX2
  • Jorge Prado Garcia – MX2

Leave a Reply