KTM dan Husqvarna Dipastikan Hengkang dari EnduroGP 2018

Kabar buruk menimpa kompetisi FIM Enduro World Championship (EnduroGP) 2018. Pasalnya, dua tim besar yang selama ini meramaikan EnduroGP dipastikan hengkang. Dua tim itu adalah Red Bull KTM Factory Racing dan Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing. Hengkangnya dua tim besar itu terlihat dari daftar tim yang terdaftar di EnduroGP 2018. Tidak ada nama Red Bull KTM Factory Racing dan Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing.

Dalam daftar tim yang menjadi peserta EnduroGP 2018, hanya ada empat tim factory yang ambil bagian. Tim-tim itu antara lain Beta Factory Racing, CH Racing Sherco Factory Racing, Gas Gas Enduro Factory Team, Outsiders Yamaha Official Enduro Team, dan TM Factory Racing. Selebihnya diisi oleh deretan tim non-factory dan tim privateer seperti Costa Ligure Boano Beta Racing, Honda Racing RedMoto World Enduro Team, Honda ORC Team, Jolly Enduro Team, dan Beta France.

Rumor hengkangnya Red Bull KTM Factory Racing dan Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing sebenarnya sudah berhembus sejak akhir musim 2017. Dalam sejumlah kesempatan KTM menyebut bahwa pihaknya tidak mendapatkan publikasi yang bagus di kancah balap EnduroGP. Oleh karena itu, KTM (dan Husqvarna) berencana hengkang atau hanya mengikuti beberapa seri EnduroGP yang memiliki animo penonton tinggi. Tapi faktanya KTM dan Husqvarna memutuskan hengkang. KTM dan Husqvarna mengalihkan para pembalap-pembalap yang masih bertahan di tim untuk berlaga di serial kompetisi baru bernama World Enduro Super Series (WESS) 2018 yang merupakan kombinasi antara Hard Enduro, Classic Enduro, Cross-Country, dan Beach Race. Beberapa pembalap lain memutuskan pergi dari KTM dan Husqvarna kemudian bergabung dengan tim lain.

Hengkangnya dua tim kuat KTM dan Husqvarna tentu merugikan bagi EnduroGP karena tingkat persaingan untuk memperebutkan gelar juara tidak lagi sengit. Namun ini juga menjadi keuntungan bagi para tim privateer karena peluang mereka menggenggam gelar juara menjadi semakin besar. Persaingan paling ketat kemungkinan besar masih akan terjadi pada tiga tim factory, yaitu Beta Factory Racing, CH Racing Sherco Factory Racing, dan Outsiders Yamaha Official Enduro Team. Selain itu, tim-tim seperti Honda RedMoto hingga Jolly Racing Team juga berpotensi merangsek ke depan. EnduroGP 2018 sendiri akan dimulai pada akhir pekan ini (17-18 Maret 2018) dengan seri perdana digelar di Finlandia.

Leave a Reply