Terjunkan 5 Rider, KTM Factory Racing Nyatakan Siap Hadapi WESS 2018

Kompetisi Enduro baru bernama World Enduro Super Series (WESS) akan dimulai pada Mei 2018, memadukan unsur Hard Enduro, Classic Enduro, Cross-Country, dan Beach Race yang seluruhnya berjumlah tujuh seri sepanjang 2018. WESS akan menjadi tantangan baru bagi seluruh tim dan rider yang mengikuti gelaran kompetisi ini karena bisa memberikan pengujian terhadap skill, stamina, dan kemampuan dalam beradaptasi.

Rencananya WESS akan dibuka dengan kompetisi Hard Enduro Extreme XL Lagares di Portugal pada 11-13 Mei 2018. Salah satu tim yang ikut ambil bagian dalam kompetisi ini, KTM Factory Racing, mengaku siap meraih kemenangan dengan menerjunkan lima orang rider sekaligus. Untuk tim Red Bull KTM Factory Racing akan mengandalkan para rider seperti Taddy Blazusiak yang merupakan juara SuperEnduro sebanyak enam kali sekaligus rider Hard Enduro yang handal; Jonny Walkner yang memiliki pengalaman segudang di ajang balap Hard Enduro dan SuperEnduro; Josep Garcia dengan pengalaman menjadi juara EnduroGP 2017 kelas Enduro 2; serta yang terakhir Nathan Watson yang memiliki background Motocross dan Beach Racing lengkap dengan pengalaman berlaga di EnduroGP. Kemudian tim FMF KTM Factory Racing mengandalkan Cody Webb, sang juara EnduroCross 2017 dan SuperEnduro 2018.

“Aku sangat bergairah dengan kompetisi ini dan menantikan untuk memulainya. Sejujurnya aku menyukai setiap seri yang ada di kalender WESS 2018. Mereka semuanya unik dan sangat spesial serta dari race pertama hingga terakhir aku pikir akan sangat menyenangkan. Tantangan terbesarnya adalah beralih dari kompetisi indoor SuperEnduro ke balap outdoor  dan kemudian beradaptasi ke berbagai macam gaya di setiap seri. Targetku tentu saja melakukan apapun untuk mendapatkan kemenangan di World Enduro Super Series,” ungkap rider Red Bull KTM Factory Racing Taddy Blazusiak.

Sementara itu, rider FMF KTM Factory Racing asal Amerika Serikat Cody Webb mengatakan bahwa dia akan menggunakan motor yang berbeda di setiap seri WESS 2018 karena karakteristik track yang dilalui berbeda dan Webb ingin menggunakan motor yang sesuai. Pada sejumlah seri Hard Enduro, Webb memilih menggunakan motor 2-stroke KTM 300 EXC TPI, tetapi untuk seri dengan gaya Classic Enduro Webb memilih motor 4-stroke KTM 350 EXC-F, sedangkan pada balap yang berada di pantai (Beach Race) Webb akan menggunakan motor 4-stroke dengan power yang lebih besar lagi, KTM 450 EXC-F.

“World Enduro Super Series merupakan hal yang baru dan aku sangat gembira menjadi bagian darinya. Ini akan menjadi hal yang sangat gila melakukan banyak hal di satu kompetisi, kamu akan mendapatkan Classic Enduro, Hard Enduro, hingga Beach Race – ini akan sangat membantu memperluas kemampuanku. Dengan WESS memiliki banyak tipe riding yang berbeda, tetapi beruntung aku membalap untuk KTM, aku memiliki banyak pilihan mesin untuk dipakai di seluruh disiplin balap yang berbeda pada setiap seri,” kata Cody Webb.

Jadwal World Enduro Super Series (WESS) 2018:

  • Seri 1: Extreme XL Lagares (Portugal) 11 – 13 Mei 2018
  • Seri 2: Erzbergrodeo (Austria) 31 Mei – 3 Juni 2018
  • Seri 3: Trefle Lozerien AMV (Perancis) 8 -10 Juni 2018
  • Seri 4: Red Bull Romaniacs (Romania) 24 – 28 Juli 2018
  • Seri 5: Red Bull 111 Megawatt (Polandia) 8 – 9 September 2018
  • Seri 6: Gotland Grand National (Swedia) 26 – 27 September 2018
  • Seri 7: Red Bull Knock Out (Belanda) 10 November 2018

Leave a Reply