Rally Dakar 2019 100% Digelar di Peru, Tidak Ada Negara Lain!

Meskipun masih cukup lama digelar, rupanya kabar-kabar mengenai Rally Dakar 2019 telah berhembus kencang. Menurut rencana, Rally Dakar edisi yang ke-41 itu akan digelar pada 6-17 Januari 2019, dan satu hal yang cukup mencengangkan adalah semua rute yang dilewati berada di wilayah Peru. Lokasi start berada di Lima, sedangkan lokasi finish juga di Lima. Itu berarti Rally Dakar 2019 100% milik Peru, berbeda dengan Rally Dakar 2018 yang dihelat di tiga negara yaitu Peru, Bolivia, dan Argentina.

Rally Dakar 2019 yang digelar di Peru akan menjadi cobaan yang cukup berat bagi para peserta. Maklum, wilayah Peru sangat didominasi oleh gurun pasir yang sangat kejam, terutama di wilayah Ica dan Tanaka. Sam Sunderland (Red Bull KTM Rally Factory Racing) menjadi salah satu rider yang terpaksa pulang lebih awal dari Rally Dakar 2018 akibat keganasan gurun pasir di Peru.

Menariknya, penyelenggara Rally Dakar justru akan mengurangi jumlah stage pada tahun 2019. Jika biasanya Rally Dakar digelar sebanyak 14 stage, maka pada tahun 2019 nanti hanya digelar sebanyak 10 stage. Meskipun demikian, penyelenggara menjanjikan masing-masing stage pada Rally Dakar 2019 bakal lebih sulit dibandingkan dengan edisi sebelumnya sampai dengan stage yang terakhir. Tidak hanya itu, ada peraturan baru yang tidak kalah menarik. Peserta yang sudah keluar dari balapan paruh pertama akibat crash, masalah teknis pada motor, atau masalah apapun yang berakibat gagal finish, bisa ikut bertarung kembali pada paruh kedua setelah rest day.

Leave a Reply